Demo May Day, Polisi Bakal Tindak Buruh yang 'Sweeping'

Ilustrasi-Peringatan Hari Buruh di Jakarta
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVA.co.id – Peringatan hari buruh sedunia atau May Day jatuh pada Minggu, 1 Mei 2016. Pihak kepolisian sudah mempersiapkan pengamanan jalannya aksi tersebut.

DPR Minta Pemerintah Perketat Izin TKA

Wakil Kepala Kepolisian Daerah Metro Jaya Brigadir Jenderal Polisi Nandang Jumantara mengatakan, pihaknya mengharapkan agar para buruh tidak melakukan aksi sweeping dalam penyampaian pendapat tersebut.

"Tidak ada sweeping-sweeping, diharapkan tidak ada. Kalau ada kita akan tindak tegas," kata Nandang kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jumat, 29 April 2016.

Pemerintah Harus Tetap Perjuangkan Nasib Buruh

Nandang menambahkan, pihaknya sudah melakukan rapat koordinasi dengan  perwakilan buruh. Rapat yang dipimpin Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Polisi Moechgiyarto digelar Rabu, 27 April 2016. 

Hasilnya, kata Nandang, para buruh berjanji tidak melakukan tindakan anarkistis. "Kita sudah melakukan rapat. Mereka janji tidak anarkistis. Kita pegang saja janji mereka," ujarnya.

Pemerintah Akan Turunkan Bunga KUR Demi Buruh

Dia menuturkan, agar masyarakat melakukan aktivitas seperti biasa dan tidak berpikir aksi para buruh akan anarkistis dan rusuh.

Nandang menegaskan, Jalan Sudirman-Thamrin tidak boleh dipakai oleh buruh untuk unjuk rasa. Dia mengemukakan, Polda Metro Jaya akan siap mengawal para buruh mulai dari titik keberangkatan.
 

Ilustrasi demo buruh di Jakarta.

Ada Demo Buruh, TransJakarta Ubah Empat Rute

Ada yang tidak melayani.

img_title
VIVA.co.id
1 Mei 2017