Cara Sandiaga Uno Bangun Kinerja PNS

Sandiaga Uno hadiri pelantikan pengurus Forkabi
Sumber :
  • VIVA.co.id/Fikri Halim

VIVA.co.id – Bakal calon Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno, mengatakan, cara terbaik untuk membangun kinerja Pegawai Negeri Sipil (PNS) adalah membuat suasana hati mereka menjadi nyaman. Hal itu pada akhirnya membuat PNS menjadi tenteram untuk bekerja.

PNS Pemprov DKI Wajib Pakai Pin Asian Games

Namun, dia menambahkan, tindakan tegas memang perlu dilakukan khusus kepada pekerja yang menyalahi aturan. Menurut Sandiaga, perlu ada penghargaan dan hukuman, bagi yang bekerja baik atau yang sebaliknya.  

"Kalau yang jelek, itu benar kita harus tegas, yang mencuri dan korupsi harus kita tindak," kata Sandiaga saat ditemui di acara pelantikan pengurus Forum Komunikasi Anak Betawi (Forkabi) di Plaza Masjid Istiqlal, Jakarta, Minggu, 22 Mei 2016.  

Hore, Pekerja Gaji Pas-pasan Bisa Gratis Naik TransJakarta

Dan untuk PNS yang kinerjanya belum optimal, perlu dibantu dan berkomitmen untuk meningkatkan kinerjanya. Selain itu, Sandiaga menambahkan setuju dengan sikap Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, untuk langsung melakukan pemecatan bagi pegawai yang melakukan korupsi. Sebab, perbuatan tersebut merugikan negara.

"Kalau korupsi harus pecat, saya setuju 100 persen, tapi kalau cuma ada kesalahan, ya ditegur. Tapi ditegurnya itu jangan di depan umum, kalau dipuji boleh (di depan umum)," kata dia.

Sandiaga Uno Akan Ubah Alexis Jadi Al Ikhlas

Sementara itu, dia mengklarifikasi pernyataannya tempo hari tentang PNS Pemprov DKI Jakarta, yang berada dalam posisi ketakutan dalam bekerja. Menurut dia, pernyataan tersebut datang dari salah satu PNS DKI yang menyampaikan curahan hati (curhat) kepadanya.

"Itu bukan saya yang bilang, jadi saya klarifikasi," ujarnya.

Kendati demikian, dia mengakui bahwa memang ada beberapa PNS yang datang dan melapor, namun tidak ingin disebut namanya. Mereka mengaku bekerja penuh dengan rasa khawatir. "Itu murni dari PNS, saya tidak mau mengklaim itu dari saya," tandas dia.  

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya