Demo KPK Kerap Bikin Macet, Pendemo Digiring ke Gedung Baru

Gedung KPK.
Sumber :
  • ANTARA/Fanny Octavianus

VIVA.co.id – Aksi demontrasi di depan gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sering membuat Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, macet parah. Bahkan, unjuk rasa terkadang berlangsung ricuh.

Ahmad Dhani Kecewa, Demo Slank Tidak Diprotes

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Awi Setiyono mengatakan, polisi melakukan antisipasi agar demo di lembaga antirasuah itu tidak membuat macet dan rusuh. "Kami evaluasi kan di depan KPK itu kan jalan, tidak ada halaman untuk mendemo, yang mengakibatkan terjadi kemacetan, ini yang kami perketat," ujarnya kepada wartawan, Rabu, 1 Juni 2016.

Salah satu antisipasinya yaitu, dengan mengarahkan pendemo ke gedung baru KPK, yang letaknya tidak jauh dari gedung lama KPK. "Kami persilakan mereka berdemo di KPK, nanti kami arahkan ke gedung KPK yang baru agar tidak mengganggu masyarakat," kata Awi.

Polisi Sita Truk Bawa Sound System untuk Demo Ahok di KPK

Antisipasi lainnya yaitu melakukan penguatan personel kepolisian. "Standarnya satu anggota polisi mengamankan dua masyarakat," katanya.

Dia menegaskan, petugas akan menindak siapapun para pendemo yang terbukti anarkistis dan menjadi provokator, serta tidak mengikuti perintah kepolisian. "Kalau tidak mau mengikuti perintah polisi, kami bubarkan," ujarnya.
 

Demo di KPK Dua Kali Ricuh, Polisi Evaluasi Pengamanan
Ketua KPK, Agus Rahardjo (baju batik).

KPK Akan Tangani 200 Kasus per Tahun

"KPK biasanya menangani 60 hingga 70 kasus per tahun."

img_title
VIVA.co.id
14 Juni 2016