KPK Koordinasi dengan Polda Metro Terkait Pengamanan Gedung

Massa Aliansi Masyarakat Jakarta Utara bentrok dengan polisi di Gedung KPK
Sumber :
  • Taufik Rahadian

VIVA.co.id – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggelar rapat koordinasi dengan sejumlah pejabat Polda Metro Jaya. Rapat koodinasi ini digelar untuk membahas pengamanan Gedung KPK, setelah terjadi dua kali unjuk rasa yang berakhir ricuh, dalam dua pekan terakhir.

Demo KPK Kerap Bikin Macet, Pendemo Digiring ke Gedung Baru

"Rapat koordinasi berkaitan dengan eskalasi demo yang terus naik," kata Pelaksana harian Kepala Biro Humas KPK, Yuyuk Andriati di Gedung KPK, Jakarta Selatan, Senin, 23 Mei 2016.

Sejumlah perwira menengah Polda Metro Jaya terlihat hadir di Gedung KPK untuk mengikuti rapat koordinasi ini. Di antaranya, Kepala Biro Operasi Polda Metro Jaya Kombes Verdianto lskandar Bitticaca, Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Syamsul Bahri, Kapolres Jakarta Selatan Kombes Tubagus Hidayat, dan Kapolsek Setiabudi, AKBP Tri Yulianto.

Demo di KPK Dua Kali Ricuh, Polisi Evaluasi Pengamanan

Sebelumnya dua kali unjuk rasa di depan Gedung KPK berakhir dengan bentrokan antara massa dengan aparat penegak hukum yang berjaga. 

Aksi pertama adalah unjuk rasa Himpunan Mahasiswa lslam (HMI). Ketika itu, mereka menuntut permintaan maaf dari Wakil Ketua KPK Saut Situmorang, karena dinilai mengeluarkan pernyataan yang menyudutkan HMI.

Polisi Sebut Demo Berakhir Bentrok di KPK Terencana

Sementara aksi kedua,dilakukan massa dari Forum Betawi Rempug (FBR) dan Aliansi Masyarakat Jakarta Utara (AMJU). 

Kedua unjuk rasa itu berakhir dengan aksi saling lempar batu. Akibatnya, sejumlah fasilitas di Gedung KPK.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya