Perbaikan Tanggul Pantai Mutiara Tunggu Siklus Pasang Usai

Tanggul darurat di Perumahan Pantai Mutiara, Penjaringan, Jakarta Utara.
Sumber :
  • Herdi Muhardi/VIVA.co.id

VIVA.co.id – Tanggul yang menahan air laut di dekat Perumahan Pantai Mutiara, Pluit, Jakarta Utara, Jumat malam jebol. Akibatnya, area perumahan itu sempat tergenang.

Gerhana Bulan, Warga Jakarta Utara Bersiap Hadapi Banjir Rob

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta, Denny Wahyu Haryanto mengatakan, perbaikan tanggul yang jebol di perumahan Pantai Mutiara merupakan tanggung jawab pengembang.

Denny menyatakan, jebolnya tanggul air di perumahan elite itu disebabkan siklus air laut yang mulai pasang.

Waspada, Banjir Rob Bakal Terjadi Lagi di Pesisir Utara Jawa

"Ini pasti pasang lagi, karena saat ini memang sedang siklusnya pasang," ujar Denny saat ditemui wartawan di lokasi, Sabtu 4 Mei 2016.

Denny pun menuturkan, karena sedang siklus, maka tanggul darurat harus diperkuat dengan beberapa lapisan, mulai dari karung pasir, dilapisi tanah serta dibalut dengan terpal berukuran besar.

Tiga Kelurahan di Jakarta Utara Terdampak Banjir Rob

Hanya saja, kata Denny, meski air saat ini surut, namun tanggul darurat yang dibuat Dinas Tata Air Jakarta beserta pengembang, diperkirakan hanya akan bertahan satu minggu.

"Menunggu sampai siklus pasangnya selesai, baru dibuat tanggul permanen. Ke depannya akan dibuat oleh pengembang," jelasnya.

Banjir rob menggenangi kawasan Pasar Ikan Pejarungan Muara Baru Jakarta Utara.

PDIP Desak Heru Budi Kebut Pengerjaan Tanggul Atas Banjir Rob Jakarta

PDIP menyarankan agar Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono segera kebut membangun tanggul dengan kapasitas yang lebih tinggi daripada sebelumnya, atasi banjir rob

img_title
VIVA.co.id
28 Desember 2022