Biaya Jual Takjil di Benhil Mahal, Rp3 Juta per Meja

Benhil Pusat Kuliner Buka Puasa
Sumber :
  • VIVA.co.id/M. Ali. Wafa

VIVA.co.id – Pedagang makanan berbuka puasa atau takjil di Pasar Bendungan Hilir (Benhil) Tanah Abang, Jakarta Pusat, mengeluhkan mahalnya pungutan yang diminta pihak pengelola pasar selama bulan puasa tahun ini.

Emak-emak Diduga Timbun Takjil, Terciduk Pakai Motor

Seorang pedagang makanan berinisial Y mengatakan, pengelola pasar Benhil, membebani biaya hingga jutaan rupiah selama Bulan Ramadan.

Y mengatakan, pungutan itu, dihitung dengan sistem satuan meja pedagang. "Dulu Rp800 ribu satu bulan. Sekarang satu meja untuk satu bulan Rp3 juta. Kalau empat meja sudah berapa?" kata Y, Rabu, 8 Juni 2016.

Zona Hijau dan Drive Thru Jadi Syarat Pasar Sore Digelar di Yogya

Keluhan yang sama juga dikatakan seorang pedagang kue dan gorengan. Meski harus membayar pungutan itu, tapi tak ada pedagang yang tahu alasan pungutan itu diberlakukan.

"Tapi, kita syukurin saja nanti ada rezekinya tersendiri. Saya dagang pas puasa doang di sini," kata pedagang yang tak mau menyebutkan namanya.

Pemda DIY Tak Larang Pasar Sore Ramadan, Ini Syaratnya

Aktivitas perdagangan makanan di bulan Ramadan di kawasan itu mulai berlangsung sejak pukul 11.00 WIB hingga pukul 19.00 WIB. Terdapat puluhan pedagang yang berdagang dengan menggunakan satu meja saja. Namun ada yang sampai menggunakan lima meja.

Beberapa makanan berbuka puasa atau takjil yang dijual di sana seperti kue risol, cucur, wajik, lemang tapai. Ada pula makanan berat seperti, nasi kapau, nasi Padang, rendang, kikil, ikan bakar, ikan asap. Selain makanan, di sana juga dijual minuman, mulai dari kolak pisang, es buah, es agar, es campur, es tebu, dan sejumlah minuman lainnya.

Ketan Sultan

Resep: Takjil Mewah Ketan Sultan

Takjil satu ini diberi nama, Ketan Sultan. Buat kamu yang suka dengan hidangan ketan, kuliner satu ini bisa diuji coba di dapur.

img_title
VIVA.co.id
1 Mei 2021