Curangi Takaran, Pengawas SPBU Dibayar Rp2 Juta per Hari

Pengisian bahan bakar di SPBU Pertamina.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id – Tim Subdit Sumber Daya Lingkungan Ditreskrimsus Polda Metro Jaya menindak SPBU nakal di Jl. Raya Veteran, Rempoa, Ciputat, Tangerang Selatan.

Pria Ini Lempar Ular Kobra ke Kantor SPBU, Ternyata Ini Alasannya

SPBU dengan nomor 34-12305 itu melakukan tindak pidana dengan cara mengurangi jumlah takaran dari mesin dispenser BBM. Dalam penangkapan itu, polisi mengamankan lima tersangka, yakni, dua pengawas dan tiga pengelola.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Kombes Pol Awi Setiyono, mengungkapkan besaran keuntungan ilegal yang bisa didapatkan para pihak yang terlibat. Sejauh ini, sudah lima tersangka yang ditangkap polisi.

Rugikan Masyarakat Rp6 Miliar, SPBU di Medan Disegel

"Kalau pengakuan operator, kan ada 3 operator dan dua pengawas. Ternyata pengawas SPBU per hari masing-masing bisa mendapatkan Rp2 juta, di luar gaji," jelas Awi dalam perbincangan dengan tvOne, Rabu 8 Juni 2016.

Motif mendapatkan penghasilan lebih ini juga diduga menjadi alasan para tersangka untuk mencurangi hak masyarakat mendapatkan BBM sesuai takaran.

Polisi Bongkar 2 SPBU yang Kurangi Takaran BBM

Masih berdasarkan pengakuan dari operator SPBU itu, kata Awi, mereka bisa memperdaya segel dispenser, agar tidak terlihat oleh pengawas saat dilakukan pemeriksaan. "Dari pengakuan tersangka, ada teknisi yang bisa membongkar dispenser, mengakali segel itu untuk kembali seperti semula. Itu satu orang teknisi, tapi kita kembangkan teknisi ini sudah meninggal," ceritanya.

Tak hanya itu, mereka juga bisa mengendalikan takaran menggunakan alat regulator stabilizer. Alat ini sengaja dipasang guna memengaruhi daya listrik ke dispenser pengisian BBM, dan mencurangi takaran BBM yang keluar. "Pengendali ini pada intinya waktu on (nyala) normal, saat off (mati) dia terjadi kecurangan itu," terang Awi.

Mengisi bensin di SPBU.

Serepot Ini Sepeda Motor Injeksi Kalau Kehabisan Bensin

Motor injeksi kalau kehabisan bensin berisiko tinggi.

img_title
VIVA.co.id
17 Juli 2020