Petasan Diduga Picu Terbakarnya Kabel Sinyal KRL di Kranji

Polisi saat menyita banyak petasan racikan beberapa waktu lalu.
Sumber :
  • ANTARA/Reno Esnir

VIVA.co.id – Kebakaran yang terjadi di bawah fly over Kranji, Bekasi, sehingga mengenai jaringan kabel persinyalan kereta rel listrik (KRL) diduga dipicu dari petasan. "Ada anak-anak yang main petasan lempar. Api dari petasan," kata Nurhayati (47 tahun), warga sekitar, Kamis, 9 Juni 2016. 

KRL Bekasi-Bogor ke Jakarta Kota Alami Gangguan

Berdasarkan informasi yang dihimpun, api berasal dari petasan korek yang dilempar ke lokasi tumpukan sampah kain. "Warga sekitar sempat memadamkan api dengan alat seadanya. Namun api semakin membesar," ujar Nurhayati.

Diketahui, karung-karung berisi potongan kain kecil-kecil menumpuk di bawah jembatan layang itu. Tumpukan kain tersebut terbakar. Api lantas menyambar kabel sinyal kereta listrik. Kemudian muncul kepulan asap hitam tebal menutupi perlintasan kereta di atasnya.

Jaringan Listrik Kena Petir, KRL Manggarai-Bekasi Terganggu

Sanin (55), warga sekitar, menyebutkan terdapat permukiman pemulung di sekitar lokasi yang terbakar. Diduga, para pemulung ini yang menimbun tumpukan potongan kain bekas di kolong rel kereta.  "Setahu saya, tumpukan karung itu sudah lama ada," katanya.

Dia mengatakan, potongan kain yang terbakar itu biasa untuk dijadikan sebagai bahan pembuat bantal atau kasur. "Isi bantal atau kasur pakai potongan kain ini. Tapi saya bukan pemiliknya," ujarnya.

Gangguan Listrik, KRL Tujuan Kota Hanya Sampai Manggarai

Sebelumnya, lalu lintas KRL Commuter Line mengalami gangguan operasional, Kamis, 9 Juni 2016. Gangguan operasional ini terjadi di lintas Bekasi akibat terbakarnya kabel sinyal.

Manajer Komunikasi PT KCJ, Eva Chairunisa mengatakan, sekitar pukul 06.17 di KM 22+9 antara Stasiun Cakung-Stasiun Bekasi kabel persinyalan terbakar akibat ada oknum warga yang membakar sampah di bawah fly over Kranji dan mengenai jaringan kabel persinyalan.

KRL

45 Rute KRL Depok dan Bekasi Hanya Sampai Manggarai, Ini Alasannya

Ada penggantian wesel di Stasiun Gambir dan Stasiun Jakarta Kota. 

img_title
VIVA.co.id
11 Februari 2020