Kecelakaan Arus Mudik Turun, 172 Orang Meninggal

Bus Jaya Prima yang kecelakaan di km 95 Tol Cipali
Sumber :
  • Dirlantas Polda Jawa Barat

VIVA.co.id – Angka kecelakaan lalu lintas selama arus mudik tahun ini menurun dibandingkan musim mudik Lebaran lalu. Berdasarkan catatan Korps Lalu Lintas Polri, penurunan angka kecelakaan arus mudik 2016 mencapai 25 persen dari musim mudik tahun lalu.

Sebelas Hari Arus Mudik, 43 Nyawa Melayang di Jalanan Jatim

"Kecelakaan yang terjadi pada arus mudik Lebaran kali ini berjumlah 856 kecelakaan lalu lintas, dibanding 2015 yang berjumlah 1.022," kata Kepala Korps Lalu Lintas Polri, Inspektur Jenderal Agung Budi Maryoto di kantor NTMC Polda Metro Jaya, Cawang, Jakarta Timur, Selasa, 5 Juli 2016.

Agung menuturkan, angka tersebut terhitung sejak H-5 Lebaran pada Kamis, 30 Juni 2016, hingga Senin, 4 Juli 2017. Menurut Agung, dari catatan jumlah kecelakaan itu, sebanyak 172 korban meninggal dunia.

Analisa Menhub soal Turunnya Angka Kecelakaan Mudik 2018

"Jumlah kecelakaan lalu lintas didominasi oleh sepeda motor sebesar 53 persen di seluruh Indonesia," ujarnya.

Agung mengatakan, untuk menekan angka kecelakaan, pemudik diminta mempersiapkan diri dengan baik, terutama mengenai keadaan kendaraan yang dipakai. Dengan demikian, hal itu dapat menekan angka kecelakaan yang tinggi selama arus balik nanti.

Ada Asuransi Gratis Khusus Buat Pemudik

"Ya, kami sarankan agar tidak terjadi kecelakaan, setiap pemudik dapat siapkan kendaraannya dengan baik, mengisi bahan bakar penuh. Karena, siapa tahu macet di tol. Jangan sampai seperti yang terjadi kemarin, biar selama perjalanan tetap merasa nyaman," katanya.

Kecelakaan bus di Tol Cipali Kamis (21/6/2018)

Kecelakaan Lalu Lintas Mudik Lebaran 2018 Turun 30 Persen

Kecelakaan turun karena persiapan cukup matang seluruh stakeholder.

img_title
VIVA.co.id
24 Juni 2018