Ahok Galang Dana Makan Malam untuk Gempa Aceh

Gubernur DKI Jakarta nonaktif Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok
Sumber :
  • VIVA.co.id/Fajar Ginandjar Mukti

VIVA.co.id – Calon Gubernur DKI Jakarta petahana Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok berhasil menggalang dana yang akan disumbangkan untuk korban bencana gempa bumi di Provinsi Aceh.

10 Gempa Terdahsyat di Bumi, Ada Indonesia

Penggalangan dilakukan melalui gala dinner yang diselenggarakan di sebuah restoran di Kawasan Kemang, Jakarta Selatan.

Menurut Ahok, gala dinner yang dilaksanakan malam ini merupakan acara pertama di masa kampanye Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI 2017 yang tidak bertujuan untuk mengumpulkan dana kampanye untuknya dan pasangannya, Djarot Saiful Hidayat.

Gempa Magnitudo 5,6 Guncang Aceh Jaya

Sebelumnya, Ahok telah menggelar 32 gala dinner yang bertujuan untuk mengumpulkan dana kampanye sejak masa kampanye resmi dimulai pada 28 Oktober 2016. Mekanisme pengumpulan dana seperti itu diakhiri pada Selasa, 20 Desember 2016, setelah dana yang terkumpul dianggap cukup dan telah dilaporkan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI. Dana mencapai total Rp48 miliar.

"Kami sudah mentok gala dinner untuk mengumpulkan dana kampanye. Jadi kami ubah untuk bantu saudara kita di Aceh," ujar Ahok di Jakarta, Kamis, 22 Desember 2016.

Empat Wilayah di Aceh Diguncang Gempa Magnitudo 5,6

Adapun tarif yang diterapkan adalah Rp1.000.000, Rp2.500.000 dan Rp5.000.000. Besaran tarif menentukan kedekatan tempat duduk peserta dengan Ahok. Tarif tertinggi yakni Rp5.000.000 dibayar oleh mereka yang duduk satu meja dengan Ahok.

Menurut Ahok, dana yang terkumpul akan segera ditransfer ke rekening donasi bantuan korban gempa.

Ahok mengatakan, acara serupa akan ia gelar juga bersama masyarakat kampung halamannya di Bangka Belitung pada Januari 2017. Ahok berharap calon gubernur, calon wakil gubernur DKI hingga pihak lain bisa mencontoh bentuk penggalangan dana untuk bantuan ini.

"Kebiasaan gotong royong seperti ini baik buat kita," ujar Ahok.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya