Mahasiswa Pukuli Polisi yang Jaga Aksi 121 di Medan Merdeka

Aksi 121 di Jakarta ricuh
Sumber :
  • VIVA.co.id / Foe Peace

VIVA.co.id – Ratusan mahasiswa yang menggelar aksi 121 di Jalan Medan Merdeka Jakarta Pusat sempat ricuh. Massa aksi terlihat memukuli petugas kepolisian yang tengah berjaga mengamankan jalannya penyampaian aspirasi tersebut.

Buruh dan Mahasiswa Demo Tolak Kenaikan BBM

Pengamatan VIVA.co.id di lokasi, kericuhan ini terjadi sekitar pukul 14.50 WIB, Kamis, 12 Januari 2017. Saat itu mahasiswa langsung naik pitam lantaran tidak diperbolehkan aksi di depan istana.

Mereka hanya boleh beraksi di depan Gedung Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia. Beberapa mahasiswa kemudian berteriak sambil mendorong-dorong barisan pengamanan polisi.

Polda: Tidak Ada Demontrasi Mahasiswa di Babel

Diketahui, barisan pengamanan pertama diisi oleh dua puluh polisi wanita. Penempatan Polwan tersebut bertujuan agar dapat meredam massa aksi yang mulai terporvokasi.

Polwan ikut jaga aksi 121 di Jalan Medan Merdeka Jakarta

Polisi Razia Massa Demonstran 11 April di Perbatasan Depok

Namun, lantaran tidak bisa dikompromikan, puluhan polwan itu mundur dan mahasiswa selanjutnya menyerang polisi laki-laki yang berada di barisan kedua setelah Polwan. Saat dipukul secara membabi buta ke arah punggung dan wajah, tak ada satu pun polisi yang melawan.

Kejadian ini berjalan selama kurang lebih dua menit. Aksi ricuh ini bisa dilerai dengan bantuan Kapolres Metro Jakarta Pusat dan Dandim. Setelah dilerai, barisan pengaman pun diganti dengan polisi yang menggunakan tameng.

Beberapa polisi yang terkena pukulan mahasiswa itu kini mengalami luka-luka ringan dan dilarikan ke tenda kesehatan yang sudah berada di kawasan Monas.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya