Telkom dan PLN Jangan Gali Lubang Jaringan Sendiri

Ilustrai proyek galian.
Sumber :
  • Vivanews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVA.co.id – Pelaksana tugas Gubernur DKI Jakarta Sumarsono meminta semua pihak yang memiliki proyek galian utilitas di Jakarta, untuk saling berkoordinasi.

Groundbreaking RDF Plant, Heru Budi: Ini Akan Jadi Salah Satu Pengolahan Sampah Terbesar di Dunia

Menurutnya, koordinasi itu penting agar tidak ada lagi gali dan tutup lubang yang tumpang tindih, baik untuk kabel telepon, listrik, maupun proyek lainnya. 

"Yang namanya telepon, listrik, jalan ini mesti harus disinkronkan dalam sebuah planing, programing and budgeting system dengan schedule yang lebih jelas. Saya berharap itu sehingga bisa dikoordinasikan," kata Soni sapaan Sumarsono di Balai Kota, Jakarta, Selasa, 24 Januari 2016. 

Jika Usia Mobil Dibatasi Pedagang Mobil Bekas Bisa Gulung Tikar

Sumarsono mengatakan, koordinasi itu sebenarnya bisa dilakukan Walikota di masing-masing wilayah. Namun dia mengakui hal itu tidak mudah dilakukan karena pencairan anggaran masing-masing instansi yang berbeda. Belum lagi program detail tata ruang juga belum tersinkronisasi dengan baik. 

"Selama detail tata ruang sebuah kawasan belum disusun dengan baik, berikut juga peta-peta tematik intimitasnya, maka sinkronasi juga akan sulit dilakukan," kata dia. 

Juru Parkir Liar Minta Bayar, Polda Metro Jaya Minta Masyarakat Lapor: Masuk Ranah Pidana

Untuk sementara, dia meminta agar instansi di luar pemerintahan seperti Telkom dan PLN untuk mengacu pada detail tata ruang yang ada di Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) yang telah diatur pemerintah. 

"Jangan membuat sebuah jaringan sendiri-sendiri. Harus mau berkoordinasi dengan yang lain dari segi aktivitas maupun waktu. Enggak perlu gali lalu tutup lagi dan seterusnya," kata dia.
 

Juru parkir

Dishub DKI Bakal Tindak Tegas Juru Parkir Liar Minimarket, Gandeng TNI-Polri Lakukan Razia

Juru parkir itu justru baru muncul saat sejumlah kendaraan hendak keluar area parkir minimarket. Tidak heran, jika keberadaan juru parkir ini menimbulkan berbagai kontra.

img_title
VIVA.co.id
15 Mei 2024