TransJakarta Jalur 13 akan Sampai Tangerang

Armada Bus Transjakarta
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro

VIVA.co.id – Pemerintah Kota Tangerang akhirnya menyepakati Jalur 13 Koridor TransJakarta bisa melewati wilayahnya. Hal itu berdasarkan kesepakatan antara dua pemerintah daerah baik Provinsi DKI Jakarta dan Kota Tangerang yang menyepakati jalur bus trayek Tendean-Ciledug agar bisa memutar balik di Kompleks Puri Beta, Tangerang.

Penumpang Transjakarta Rute Bandara Soetta Tembus 14.222 Orang, Uji Coba Diperpanjang

Sebelumnya uji coba pengoperasian bus sempat terhenti pada Sabtu 6 Mei 2013 lantaran Pemerintah Kota Tangerang melarang bus TransJakarta melalui wilayah tersebut.

"Rekayasa lalu lintas koridor 13 bahwa simpang yang ada di Puri Beta dibikin looping one way,” kata Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah, usai bertemu perwakilan Pemkot DKI di Kantor Kecamatan Ciledug, Tangerang, Rabu 11 Mei 2017.

Sejumlah Rute Transjakarta Dialihkan Akibat Banjir, Ini Daftarnya

Dalam pertemuan yang dihadiri Kepala Dinas Perhubungan DKI, Andri Yansyah, dan Direktur Utama TransJakarta, Budi Kaliwono, juga dibicarakan rekayasa lalu lintas setelah kesepakatan ini.

Dia berharap, saat uji coba yang akan dilakukan pada 12 Juni 2017, pengembang Puri Beta juga  dapat membantu untuk merekayasa lalu lintas agar bisa membantu pelayanan bagi masyarakat sekitar.

Jalan Ditutup, Ini Rute Transjakarta di Malam Tahun Baru

"Pelaksanaan (uji coba) dilakukan selama 10 hari sebelum diresmikan pada 22 Juni 2017," kata Budi.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok yang kini nonaktif menyatakan, dia menyetujui permintaan Pemerintah Kota Tangerang ihwal perpanjangan koridor hingga Central Business District (CBD) Ciledung, Tangerang.

Menurut Ahok, rencana perpanjangan itu sebetulnya sudah diwacanakan sejak laman. Namun ada persoalan mengenai kesepakatan hibah antara dua pemerintahan daerah.

"Koridor 13 kita mau mulai. Tengerang minta jaminan diterusin. Saya sudah minta kepada Kadishub sampaikan kepada Tangerang, ajukan saja. Kita akan teruskan sampai Tangerang. Baru akan berguna," kata Ahok pada Senin 8 Mei 2017. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya