Pemudik Diminta Tak Paksakan Masuk Rest Area

Truk mulai beroperasi saat arus balik Lebaran 2017
Sumber :
  • Bayu Nugraha

VIVA.co.id – Puncak arus balik mudik Lebaran tahun ini diperkirakan akan mulai terjadi pada hari ini, Jumat 30 Juni 2017. Demi menjaga kondisi lalu lintas yang kondusif, pemudik diharapkan melakukan berbagai persiapan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Satgas COVID-19: Efek Mudik Lebaran Baru Terlihat 2-3 Minggu Lagi

Wakil Presiden Direktur PT Lintas Marga Sedaya Firdaus Azis mengimbau bagi para pemudik yang ingin kembali ke Jakarta untuk memastikan terlebih dahulu bahan bakar kendaraan yang dikemudikan terisi penuh.

Hal ini untuk mengantisipasi agar tidak terjadi antrean panjang di stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU, khususnya di rest area.

Lonjakan Kasus COVID-19 Usai Lebaran, Menkes Siapkan Kondisi Terburuk

“LMS bersama Pertamina telah bekerja sama menyediakan BBM kemasan berukuran di rest area tol Cikampek - Palimanan sehingga dapat menghindari antrean panjang di SPBU,” kata Firdaus.

Selain itu, lanjutnya, para pemudik diharapkan untuk tidak memaksakan diri masuk ke dalam rest area jika sudah terlampau penuh. Pemudik bisa beristirahat di luar area Tol Cipali, dengan keluar melalui gerbang tol terdekat untuk menjaga kondisi lalu lintas tetap kondusif.

Jelang Lebaran, Ini Pesan Gubernur Jabar untuk Pemudik

“Setelah itu, pengemudi bisa masuk kembali ke Tol Cipali dan tarif tolnya jika ditotal akan tetap sama saat dihitung jumlah yang mesti dibayarkan,” ujarnya.

Sebelum melakukan perjalanan, pemudik diimbau agar memeriksa kondisi kendaraannya, seperti rem, lampu, dan lainnya agar berfungsi dengan baik, serta menjaga jarak aman dan mematuhi atas kecepatan berkendara demi keselamatan bersama.

Di sepanjang ruas jalan Tol Cipali terdapat setidaknya delapan rest area. Empat lokasi dilengkapi fasilitas lengkap, dan empat lainnya rest area bertipe kecil yang hanya dilengkapi fasilitas parkir, rumah makan, anjungan tunai mandiri, toilet dan mushola.

Sementara untuk dua parking bay yang disiapkan, LSM hanya akan membuka parking bay sesuai dengan rekomendasi aparat kepolisian untuk menjaga kenyamanan dan kelancaran seluruh pengguna tol.

Truk mulai beroperasi

Kendaraan besar atau truk non-bahan pangan dan BBM dijadwalkan sudah mulai beroperasi pada hari ini, Jumat 30 Juni 2017. Beroperasinya truk besar ini dikhawatirkan akan menambah kemacetan pada arus balik yang puncaknya terjadi pada Sabtu, 1 Juli 2017.

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol M Iriawan mengatakan, akan dilakukan koordinasi kepada instansi terkait soal kebijakan tersebut. Menurutnya, adanya kendaraan besar cukup menambah kemacetan.

"Kami akan komunikasikan, memang cukup menghambat karena truk kecepatannya rendah, tonasenya, kemudian lebar kendaraan apalagi kalau mogok di bahu jalan akan menghambat. Kemudian berhenti di pintu pembayaran tol lama juga, start dan lain sebagainya," kata Iriawan di gerbang tol Cikarang Utama, Bekasi, Jawa Barat, Jumat 30 Juni 2017.

Terkait arus balik, ia mengimbau para pengendara memperhatikan keselamatan dan mengikuti aturan lalu lintas yang diarahkan petugas.

"Apabila sudah merasa capek, istirahat lah karena rawan sekali, karena kemungkinan pengemudi sudah jalan dari kemarin sore, dari Jawa Tengah atau siang hari dari Jawa Timur. Utamakan keselamatan," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya