DKI dan Banten Akan Bangun Transportasi Terpadu

Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat bersama Gubernur Banten
Sumber :
  • VIVA/Ade Alfath

VIVA.co.id – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sepakat bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Banten dan Pemerintah Kabupaten Tangerang untuk membangunan perluasan angkutan massal berbasis rel, perluasan jalur bus way dari Jakarta sampai ke Kabupaten Tangerang, dan pembangunan terminal di wilayah Kabupaten Tangerang, serta pembangunan Park and Ride di Wilayah Kabupaten Tangerang.

Dishub DKI Bakal Tambah Kuota Mudik Gratis, Pendaftaran Akan Diumumkan Pekan Depan

Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat mengatakan bahwa salah satu penyebab terjadinya kemacetan Ialu lintas angkutan jalan di Wilayah Provinsi DKI Jakarta dan sekitarnya adalah karena tidak sebandingnya volume kendaraan yang melintasi jalur ruas jalan di wilayah DKI Jakarta dengan kapasitas jalan, baik secara fungsional maupun struktural jalan yang ada.

"Untuk itu, perlu dilakukan penambahan kapasitas jalan, serta mengurangi jumlah kendaraan yang melintasi ruas-ruas jalan di Wilayah Provinsi DKI Jakarta dan sekitarnya," kata Djarot di Balai Kota, Jakarta, Rabu 23 Agustus 2017.

Pemerintah DKI Jakarta Siapkan 150 Bus Cadangan Antisipasi Mudik Gratis Terlambat

Untuk penambahan kapasitas fungsional dan struktural jalan, kata Djarot, perlu dilakukan upaya pembangunan dan peningkatan jalan khususnya pembangunan sarana dan prasarana transportasi lintas batas wilayah Provinsi DKI Jakarta dengan Wilayah Provinsi Banten dan Kabupaten Tangerang.

Selain bidang transportasi, kedua belah pihak juga sepakat bekerja sama di bidang Pariwisata. Salah satu poinnya yaitu membangun jembatan dari Teluk Jakarta, ke wilayah Provinsi Banten Daratan di wilayah Kabupaten Tangerang. Pembangunan itu diharapkan dapat mempermudah mobilitas masyarakat sehingga mendorong pariwisata di kepulauan Seribu dan teluk Jakarta.

Pemprov DKI Gelar Mudik Gratis, Simak Cara Daftarnya dan Ini Berkas yang Harus Disiapkan

"Jadi kerjasama ini lebih banyak soal permaslahatan bersama antara masyarakat banten dengan masyarakat DKI seperti transportasi, bukan hanya jalanan, dermaga, tapi juga jalur busway, kereta api yang dilalui Kabupaten Tangerang," kata Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar.

Jalan Pinggir Pantai

Sementara itu, Pemerintah DKI Jakarta dan Banten juga tengah menjajaki kerjasama membangun jalan pinggir laut di sepanjang teluk Jakarta. Sekretaris Daerah DKI Jakarta, Saifullah mengatakan dalam waktu dekat, Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat segera menyusuri lokasi yang akan dibuat jalan.

"Pak Gubernur DKI dalam waktu dekat mau menelusuri Pantai Utara. Start dari Ancol menuju ke barat, nggak tahu nanti mendaratnya dimana, di Tanjung Lesung atau dimana. Pokoknya ke arah barat aja mulai dari Tanjung Kait, Tanjung Pasir," kata Saifullah di Balai Kota, Jakarta, Rabu 23 Agustus 2017.

Menurut Saifullah, jalan pinggir laut itu rencananya akan dibangun sepanjang 15 Km. Pembangunan jalan tepi laut itu akan terhubung ke wilayah kabupaten Tangerang. Selain untuk mobilitas masyarakat, jalan tersebut diharapkan dapat menjadi objek wisata untuk menikmati laut Jakarta.

"Kalau itu dibikin jalan dipinggir laut, itu kan jadi bagus. Jadi area publik. Jadi publik kalau mau lihat laut nggak harus bayar," ujarnya.

Rencana pembangunan jalan tersebut hari ini telah dikerjasamakan dengan Pemerintah Provinsi Banten dan Pemerintah Kabupaten Tangerang. Rencananya pembangunan dilakukan pada tahun 2018.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya