DKI Tata Tanah Abang

Ada Shuttle Transjakarta Wara-wiri di Tanah Abang

Gubernur Anies Baswedan memantau penataan kawasan Tanah Abang, Jakarta Pusat.
Sumber :
  • Irwandi

VIVA – Penataan kawasan Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, akan berdampak terhadap perpindahan kepadatan arus lalu lintas di kawasan itu. Sebab, penataan ini dengan cara menutup Jalan Jatibaru Raya di depan Stasiun Tanah Abang, untuk tempat PKL dan Shuttle bus Transjakarta.

Pria Makan Seenaknya Bayar Semaunya di Warteg Jakpus Ditangkap, 1 Temannya Masih Buron

Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan mengatakan, Pemprov DKI Jakarta sudah menyiapkan langkah dan antisipasi dampak dari penutupan jalan itu.

"Sudah, sudah diantispasi. Dan di sana ada tempat juga untuk parkir yang cukup luas sehingga Insya Alah bisa aman," kata Anies di Tanah Abang, Jakarta Pusat, Jumat 22 Desember 2017.

Mayat Pria Telanjang Ditemukan Ngambang di Kali Tanah Abang

Tak hanya itu, Anies mengatakan, warga bisa memanfaatkan shuttle bus Transjakarta gratis yang sudah disiapkan untuk mengitari kawasan Tanah Abang. Ada 10 bus Transjakarta berkapasitas 66 orang yang siap wara-wiri membawa warga tanpa biaya.

"Warga juga bisa memanfaatkan Transjakarta untuk menjangkau mana saja (di kawasan Tanah Abang)," ujarnya.

Kasus Mayat Bayi di Tanah Abang, Kedua Pelaku Terancam 15 Tahun Penjara

Warga Difasilitasi

Penataan Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, mulai diterapkan hari ini, Jumat 22 Desember 2017. Penataan Tanah Abang ini mensinergikan moda transportasi massal dan pusat perdagangan di Tanah Abang.

"Jadi, hari ini dimulai penggunaan areal tanah Abang dengan pengaturan yang baru. Kita sudah lihat bus Transjakarta, ada 10 yang sudah beroperasi. Pengalihan arus lalu lintas sudah dilakukan. Lalu para pedagang kaki lima sudah memiliki tempat untuk berjualan," kata Anies.

Trotoar yang biasa digunakan oleh PKL dikosongkan sehingga pejalan kaki bisa lebih leluasa untuk berjalan. Anies menambahkan, trotoar sepenuhnya diperuntukkan untuk pejalan kaki. Sedangkan untuk PKL disiapkan tenda di salah satu sisi Jalan Jatibaru Raya yang ditutup sementara.

Dari 400 tenda yang disiapkan untuk PKL masih ada yang belum sampai karena masih dalam proses pengiriman ke Jakarta. Namun Anies memastikan tidak ada lagi PKL yang berdagang di trotoar itu, setelah semua tenda untuk PKL dipasang.

Sedangkan untuk warga bisa naik shuttle bus Transjakarta gratis untuk mengitari kawasan Tanah Abang dari pukul 08.00-18.00 WIB.

"Insya Allah dituntaskan hari ini. Biar bisa sepenuhnya trotoar dipakai pejalan kaki. Kita lihat tadi semua kepentingan bisa difasilitasi. Bagi Pejalan kaki, trotoar  bebas dari PKL. Bagi PKL disediakan lahan untuk berjualan. Bagi para pengunjung yg datang ke Tanah Abang bisa pakai Transjakarta dengan nyaman cepat dan gratis. Transjakarta ini akan berputar terus sepanjang hari," ujarnya.

Anies menambahkan, dalam penataan itu, Pemprov DKI memfasilitasi semua pihak, termasuk warga di sekitar lokasi. Ia mengatakan, arus lalu lintas baru dilakukan pengalihan sekitar pukul 08.00 WIB karena jalan Jatibaru Raya ditutup. Sehingga warga sekitar yang hendak pergi kerja dan sekolah tidak terganggu.

Sedangkan untuk ojek online dan ojek pangkalan disediakan lahan parkir di dekat tanah kosong milik PT KAI, yang terletak dekat pintu keluar baru Stasiun Tanah Abang.

"Jadi dengan penataan ini kita Insya Allah bisa melihat areal Tanah Abang lebih baik, lebih rapi dan kita akan pantau terus sebagai sebuah proses, kita harus lihat perkembangannya, kita akan review pengguna-pengguna wilayah Tanah Abang ini baik pejalan kaki, baik pedagang, baik pengguna ojek, baik pengemudi ojek, bagaimana pengalaman mereka dengan penataan baru ini, harapannya dengan penataan ini semua bisa terakomodasi," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya