Liburan, Hindari 11 Lokasi Proyek Infrastruktur Bikin Macet

Kepadatan kendaraan di ruas jalan Matraman akibat terdampak proyek pembangunan underpass.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Reno Esnir

VIVA – Puncak arus libur natal diprediksi pada Jumat malam, 22 Desember 2017. Lantaran itu, Polda Metro Jaya mengimbau agar para pemilik kendaraan tidak melintasi jalur-jalur yang sedang ada proyek pembangunan infrastruktur.

Jokowi Resmikan 147 Bangunan yang Direhabilitasi Pasca Gempa di Sulawesi Barat

Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya Ajun Komisaris Besar Polisi Budiyanto mengatakan, masih ada 11 lokasi pembangunan infrastruktur di Jakarta yang membuat kemacetan. 

"Masih ada 11 pembangunan infrastruktur seperti MRT, LRT dan fly over yang membuat penyempitan jalan dan dampaknya lalu lintas di sekitar akan sulit bergerak," ujarnya saat dihubungi VIVA, Jumat, 22 Desember 2017.

Jokowi: Jalan Inpres Gorontalo Penting untuk Tingkatkan Konektivitas Daerah

Berikut ini beberapa proyek pembangunan yang berdampak pada kemacetan:

1. Pembangunan Mass Rapid Transit (MRT) mulai tahun 2015, selesai awal 2018 menyongsong Asian Games. Dampak kemacetan terjadi pada ruas penggal jalan Senayan, Lebak bulus, dan Setiabudi.

Empat Alasan Utama Publik Puas dengan Kinerja Jokowi, Menurut Survei Indikator

2. Pembangunan jalan Tol Belasi-Cawang-Kampung Melayu. Melintas di sepanjang jalan Kalimalang, inspeksi sungai Tarum Barat, bertemu di Tol Cawang 10.500 m. Terjadi kemacetan di jalan inspeksi Kalimalang.

3. Pembangunan fly over Pancoran, target selesai Desember 2017. Dampak kemacetan di Jalan MT Haryono, Jalan Saharjo, dan sebagian Jalan Gatot subroto.

4. Pembangunan underpass Mampang-Kuningan, target Desember 2017. Dampak kemacetan terjadi di Jalan Tendean, Mampang dan Rasuna Said.

5. Pembangunan simpang tidak sebidang Cipinang Lontar, target Desember 2017. Dampak kemacetan di Jalan Bekasi Timur mengarah ke Jalan Gusti Ngurah Rai.

6. Pembangunan underpass Kartini Jakarta Selatan, target Desember 2017. Dampak kemacetan di sekitar Jalan Kartini.

7. Pembangunan fly over simpang tidak sebidang di Bintaro, target Desember 2017. Dampak kemacetan di lokasi pembangunan dan antrean panjang di simpang wilayah Bintaro.

8. Pembangunan underpass Matraman - Salemba sepanjang 667 meter, target selesai Desember 2017. Dampak kemacetan di simpang Salemba dan Matraman.

9. Pembangunan Light Rail Transit Cawang - Dukuh atas, target selesai Desember 2017 dan LRT Kelapa Gading, target selesai Juni 2018. Dampak kemacetan di Jalan MT Haryono dan Kelapa Gading.

10. Pembangunan Interchange Andara - Antasari, target selesai Desember 2018, kemacetan di lokasi yang menuju ke Antasari.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya