Menhub Pastikan Kesiapan Sarana dan Prasarana Pendukung Arus Mudik Lebaran 2024

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi usai meresmikan pembangunan Stasiun Baru Jatake, Tangerang
Sumber :
  • VIVA.co.id/Sherly (Tangerang)

Jakarta – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memastikan kesiapan sarana dan prasarana transportasi untuk mendukung arus mudik dan balik saat libur lebaran 2024. 

Gubernur BI Ungkap Tujuan Blueprint Sistem Pembayaran Indonesia 2025-2030

Demikian disampaikan Menhub Budi Karya dalam Rapat Kerja dengan Komisi V DPR RI di Kompleks Parelemen, Jakarta, Selasa, 2 April 2024.

“Kementerian Perhubungan berupaya memastikan kesiapan sarana dan prasarana transportasi untuk mendukung arus mudik dan balik, serta melakukan pemeriksaan kelaikan operasional atau inspeksi keselamatan kendaraan (ramp check),” kata Menhub Budi.

Survei KedaiKOPI: Mayoritas Masyarakat Puas Atas Kinerja Polri Amankan Mudik Lebaran

Ilustrasi macet / mudik

Photo :
  • Bridgestone Indonesia

Budi Karya lanjut menjelaskan, sejatinya, persiapan angkutan lebaran 2024 telah dilakukan secara matang melalui koordinasi lintas sektor. 

Haru, Sebelum Meninggal Stevie Agnecya Siapkan Baju Koko Lebaran untuk Anak dan Suami

Dia berharap, dengan infrastruktur yang sudah terbangun serta kerjasama antar Kementerian/Lembaga, seluruh operator transportasi, serta berbagai pihak terkait, dapat tercapai angkutan lebaran yang selamat, aman, dan nyaman.

"Kami mengusung slogan 'Mudik Ceria Penuh Makna' dan ini menjadi do'a kita semua agar perjalanan berjalan dengan baik, masyarakat mudik dengan selamat, aman, ceria dan bermakna," kata Menhub.

Ditambahkan Menhub Budi, untuk langkah awal persiapan mudik, pihaknya melalui Badan Kebijakan Transportasi bersama Badan Pusat Statistik, Kementerian Kominfo, Telkomsel, pakar transportasi, dan akademisi telah mengadakan survei pergerakan penumpang, dengan hasil 193,6 juta penduduk Indonesia berpotensi melakukan perjalanan mudik.

ILustrasi pemudik sepeda motor memasuki kapal Roro di Pelabuhan Bakauheni Lampung

Photo :
  • ANTARA FOTO/Ardiansyah

"Melihat tren pelaku perjalanan mudik yang meningkat, kami mengimbau masyarakat untuk mudik lebih awal. Hari ini adalah H-10, kami anjurkan masyarakat mulai mudik pada H-10 hingga H-5 lebaran karena pada hari tersebut relatif belum ramai. Demikian juga ketika kembali kami anjurkan lebih akhir," kata Budi Karya.

Di samping itu, Menhub juga meminta kepada masing-masing daerah melalui Kapolres untuk melakukan penegakan hukum terhadap bus wisata yang dalam kondisi kurang baik.

Diketahui, masa Angkutan Lebaran (Angleb) 2024, Kemenhub menyelenggarakan mudik gratis melalui darat (bus), kapal laut dan kereta api. Sementara layanan mudik gratis bersama sepeda motor dibuka melalui kapal laut dan kereta api. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya