Blok G Tanah Abang Siap Dihancurkan dalam Hitungan Minggu

Kepadatan di kawasan Pasar Tanah Abang akibat para pedagang kaki lima yang memenuhi badan jalan.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga

VIVA – Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno menyebut bahwa beberapa minggu ke depan, pihaknya akan menghancurkan Gedung Blok G di Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat. Selain banyak pedagang yang mengeluh sepi, bangunan tersebut juga dinilai sudah tidak layak.

Sandiaga Maklumi PKL Ada di Trotoar Tanah Abang Selama Puasa

"Dalam hitungan minggu, bangunan Blok G Tanah Abang itu akan dirobohkan," kata Sandiaga di Kawasan Jati Padang, Jakarta Selatan, Sabtu 30 Desember 2017.

Menurutnya, Pemerintah Provinsi DKI akan membangun tempat penampungan sementara bagi para pedagang yang berada di bangunan Blok G Pasar Tanah Abang. Dengan penampungan sementara itu, bisa membawa masyarakat untuk berbelanja di tempat tersebut.

PKL Jualan Lagi di Trotoar, Sandiaga: Tanah Abang Kayak Gula

"Kita sedang berkejaran dengan waktu, untuk menghadirkan tampungan sementara. Dengan adanya tampungan sementara, kita bisa bawa Asean Games, working space, sehingga traffic di Tanah Abang meningkat," ujarnya.

Menurut dia, rencana penghancuran bangunan Blok G Pasar Tanah Abang, merupakan rencana PD Pasar Jaya sejak 2016, yang belum terlaksana sampai saat ini. Pemprov DKI Jakarta berencana akan mengeksekusi rencana dari PD Pasar Jaya itu.

Pemprov DKI Tunggu Laporan Resmi Ombudsman Soal Tanah Abang

"Gedung Blok G Tanah Abang sudah tidak layak, malah berbahaya baik pedagang maupun pelanggan, karena kondisi gedung juga tidak layak untuk jadi pusat perbelanjaan. Jadi, itu yang dicanangkan PD Pasar Jaya 2016 belum terlaksana, Insya Allah kita eksekusi tahun depan," kata dia.

Anggota Komisi I DPR RI, Nurul Arifin

TikTok Shop Gerus Omzet UMKM, DPR: Platform Digital Harus Tunduk Regulasi RI

Anggota Komisi I DPR RI Fraksi Partai Golkar, Nurul Arifin menyoroti sepinya pembeli di pasar konvensional lantaran masifnya social commerce di medsos seperti TikTok Shop

img_title
VIVA.co.id
22 September 2023