Organda Desak Aturan Taksi Online Berlaku Februari 2018

Armada taksi konvensional di Jakarta beberapa waktu lalu.
Sumber :
  • REUTERS/Darren Whiteside

VIVA – Dewan Pimpinan Pusat Organisasi Angkutan Darat atau Organda tetap mendukung adanya Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor 108 Tahun 2017 tentang penyelenggaran angkutan orang dengan kendaraan bermotor tidak dalam trayek. Padahal, massa Aliansi Nasional Angkutan Online (Aliando) menolak adanya Permenhub tersebut.  

Detik-detik Begal Taksi Online di Jakbar Gagal Gegara Portal Komplek Ditutup Semua

"Permenhub 108 bentuk final bagi kami untuk semua angkutan. Kami mendukung dan dilakukan secara tegas," kata Sekretaris Jenderal DPP Organda, Ateng Aryono, di Jakarta Pusat, Selasa, 30 Januari 2018.

Karena sosialisasi mengenai Permenhub itu sudah dilakukan sejak tiga bulan lalu kepada masyarakat. Untuk itu, Ateng meminta Kemenhub selaku regulator untuk tetap melaksanakan aturan itu kepada para taksi online.

Vinfast Jadi Armada Andalan Taksi Online

"Harapannya 1 Februari 2018 dapat dijalankan tanpa ada keraguan dalam melaksanakan Permenhub 108," katanya. Ateng menambahkan Permenhub Nomor 108 itu sudah melalui proses panjang dan melalui kajian dengan stakeholder lainnya.

Sehari sebelumnya, ribuan pengemudi taksi online berkumpul di lapangan IRTI, Monas, Jakarta, Senin, 29 Januari 2018. Massa yang mengatasnamakan Aliansi Nasional Driver Online (Aliando) itu datang dari berbagai daerah di Tanah Air.

Motif Sopir Taksi Online Peras Rp 100 Juta Penumpangnya, Kebelet Nikah Belum Ada Biaya

Massa berdemo menuntut Menteri Perhubungan mencabut Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 108 Tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang dengan Kendaraan Bermotor Umum Tidak Dalam Trayek. Para pengemudi menolak peraturan itu lantaran dianggap sangat merugikan mereka.

Beberapa poin yang dianggap memberatkan, di antaranya soal pembentukan koperasi yang dinilai akan memakan waktu dan biaya. Syarat pembuatan SIM A umum dan uji KIR yang juga dianggap berat lantaran harganya terlalu mahal. "Tolak keseluruhan Permenhub 108," kata Koordinator Aliando, Baja. (ren)

VIVA Otomotif: Booth Honda di IIMS 2023

Daftar Mobil yang Cocok Buat Taksi Online, Segini Cicilan Per Bulannya

Ada banyak mobil yang cocok sebagai taksi online, umumnya mobil di kelas LCGC menjadi pilihan karena harga barunya terjangkau, seperti Calya, Brio Satya, Ayla, dan Agya..

img_title
VIVA.co.id
7 Mei 2024