Dirjen Otda: Penjabat Gubernur Baru Usulan Kapolri

Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri Soni Sumarsono
Sumber :
  • Raudhatul Zannah - VIVA.co.id

VIVA – Direktorat Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri Soni Sumarsono memastikan nama dua jenderal Polri yang hendak dijadikan Penjabat Gubernur baru sebatas usulan dari Kapolri Jenderal Tito Karnavian.

Heru Budi Ingatkan Petugas Kesehatan Jangan Tolak Pasien TBC dari Luar Jakarta

Soni mengakui Kemendagri memang mengirimkan permohonan ke sejumlah lembaga dan kementerian untuk mengirimkan usulan calon sebagai penjabat, pelaksana tugas atau pun pelaksana harian untuk pengisi kekosongan kepala daerah.

Dari seluruh itu, saat ini hanya Polri yang merespons keinginan Kemendagri. "Yang pertama kali merespons adalah Pak Kapolri. Ditunjuk dua orang, Irjen Pol Iriawan dan Irjen Pol Martuani. Itu kebijakan internal Kapolri dan itu pun usulan," ujar Soni dalam Indonesia Lawyer Club tvOne, Selasa, 30 Januari 2018.

Kasus TBC di DKI Cukup Tinggi, Heru Budi Minta Camat Hingga Lurah Turun

Soni enggan merinci mengapa Polri menunjuk keduanya. Namun ia menduga kedua perwira Polri itu memang memiliki kompetensi yang tepat untuk ditempatkan sebagai penjabat gubernur. Khususnya wilayah Jawa Barat dan Sumatera Utara, yang memang diusulkan oleh Kapolri Jenderal Tito Karnavian.

Namun demikian, Soni kembali memastikan bahwa soal kepastian kedua perwira dan penempatannya itu juga masih belum difinalisasikan.

Pj Gubernur NTB Maju di Pilkada, Mendaftar Lewat Nasdem

"Belum ada keputusan. Ini baru awal dari sebuah proses yang panjang," ujar Soni. (one)

Presiden Jokowi bersama Penjabat Gubernur DKI Heru Budi Hartono

Jawaban Puitis Heru Budi Hartono Usai Namanya Masuk Bursa Cagub Jakarta

Penjabat Gubernur Jakarta, Heru Budi Hartono, memberi jawaban yang puitis saat ditanya terkait dengan calon gubernur atau cagub Jakarta. Heru berpotensi dan masuk survei.

img_title
VIVA.co.id
13 Mei 2024