Soal Kecelakaan Kontruksi, JK Nilai Operatornya Kurang Tidur

Crane proyek pembangunan kontruksi jalur rel ganda
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

VIVA – Wakil Presiden Jusuf Kalla menyoroti kecelakaan kerja proyek infrastruktur, yang banyak terjadi saat akhir pekan. Pernyataan itu menyikapi terjadinya kecelakaan kerja lauching girder yang ambruk di proyek double double track Manggarai-Cikarang di Jatinegara, Jakarta Timur, Minggu 4 Februari 2018.

Kebut 12 Proyek IKN, Waskita Karya Pastikan 7 Proyek Rampung Semester I-2024

"Yang menarik, kecelakaan itu umumnya terjadi Sabtu, Minggu. Berarti, kemungkinan operator itu mungkin kurang istirahat, bergadang (untuk bekerja) pada Sabtu, Minggu," ujar JK di Kantor Wakil Presiden, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa 6 Februari 2018.

Menurut JK, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah ditugasi untuk mengevaluasi pelaksanaan sejumlah proyek infrastruktur besar tersebut, agar kejadian serupa tak kembali terjadi.

Viral Selebgram Tiduran di Jalan Rusak dan Suarakan Pertumbuhan Ekonomi Melambat!

Selain itu, JK juga meminta PUPR bisa memastikan setiap kontraktor untuk hanya mempekerjakan operator crane yang memiliki sertifikasi kecakapan yang terjamin.

Hal itu, lanjut JK, mengingat crane ,merupakan alat berat utama, sekaligus paling besar dan memberi potensi bahaya, jika tidak dioperasikan dengan benar.

Transaksi Kendaraan Listrik di SPKLU Melonjak 5 Kali Lipat

"Anda lihat sendiri, sepanjang jalan, crane di mana-mana. (Di proyek) LRT, MRT, jalan tol. Sekarang operator crane ini pasti banyak yang muda-muda. Mungkin ini perlu ditingkatkan, ada pelatihannya. Karena semuanya (proyek infrastruktur) bertumpu di crane," ujar JK.

Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo

BI Pede Pertumbuhan Ekonomi Kuartal II-2024 di Atas 5 Persen, Ini Pendorongnya

Bank Indonesia (BI) memproyeksikan, pertumbuhan ekonomi RI di kuartal II-2024 akan tumbuh di atas 5 persen.

img_title
VIVA.co.id
8 Mei 2024