Waspada, Hujan Akan Terjadi Hingga Maret

Hujan deras membuat Jalan Jatinegara, Jakarta Timur, terendam banjir.
Sumber :
  • REUTERS/Beawiharta

VIVA – Beberapa hari ini hujan terjadi di wilayah Puncak dan Bogor, Jawa Barat. Curah hujan yang terjadi menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika atau BMKG tercatat sebesar 152 mm dan 164 mm.

BMKG Sebut Gelombang hingga 2,5 Meter Bakal Terjadi di Perairan Indonesia, Ini Lokasinya

Kepala BMKG, Prof. Dr. Dwikorita Karnawati mengatakan, kondisi ini disebabkan adanya daerah pertemuan angin dan perlambatan massa udara sehingga menyebabkan terjadinya pertumbuhan awan Cumulonimbus (Cb) yang dominan di sekitar wilayah Bogor pada malam dan dini hari.

"Dari awan tersebut juga terdeteksi terjadi angin kencang di sekitar wilayah Puncak. Beberapa hari sebelumnya wilayah Puncak Bogor tercatat terjadi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang dan mencapai intensitas tertinggi pada dini hari tanggal 5 Februari 2018," ujar Dwikorita Karnawati dalam konferensi pers di kantor BMKG, Kemayoran, Jakarta Pusat, Selasa 6 Februari 2018.

BMKG Sebut Erupsi Gunung Ruang di Sulut Berpotensi Tsunami: Ada Catatan Sejarahnya

Tak hanya itu, kata Dwikorita, berdasarkan hasil analisis dinamika cuaca, saat ini wilayah Indonesia masih berada pada periode puncak musim hujan. Puncak musim hujan ini akan berlangsung pada bulan Februari hingga Maret 2018.

"Jadi Februari hingga Maret akan terus hujan, bahkan beberapa wilayah mengalami puncak musim hujan. Kemudian khususnya untuk wilayah Jabodetabek sekali lagi mengalami puncak musim hujan," kata dia.

Gunung Ruang Erupsi, Pemkab Sitaro Tetapkan Tanggap Darurat Selama 14 Hari

Selain wilayah Jakarta, Depok, Bogor, Tangerang, dan Bekasi, kata Dwikorita, puncak musim hujan juga terjadi di berbagai wilayah Indonesia lainnya dengan intensitas hujan mencapai 150 milimeter.

"Wilayah lainnya Sumatera Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Lampung, Bengkulu, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan,  Papua barat dan Papua. Wilayah ini mengalami puncak hujan, bahkan hingga ekstrem," kata dia.

Ilustrasi - Hujan deras disertai angin kencang melanda wilayah Kota Kupang, NTT.

Hujan Sedang hingga Lebat Diperkirakan Guyur Sejumlah Daerah pada Hari Ini

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengingatkan risiko hujan sedang hingga lebat di sejumlah wilayah Indonesia pada Rabu.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024