Tips agar Nasabah Terhindar dari Kejahatan ATM Skimming

ATM Skimming Tool
Sumber :
  • youtube

VIVA – Kasus pembobolan dana nasabah di ATM dengan modus skimming tengah menjadi sorotan publik, beberapa hari belakangan ini. Uang nasabah mendadak berkurang akibat skimming.  

Polisi Tangkap Pria Paruh Baya Usai Bobol ATM di Rest Area Tol Jakarta-Merak

Lantas, apa yang harus dilakukan nasabah agar terhindar dari kejahatan pembobolan ATM dengan modus skimming

Kepala Pusat Studi Forensika Digital Fakultas Teknik Industri Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta, Yudi Prayudi mengatakan, dari sisi pengguna kartu ATM, langkah sederhana untuk menjaga diri dari kejahatan tersebut pertama, usahakan gunakan kartu ATM dari yang telah menggunakan Chip EMV.

Cegah Terjadi Skimming, Personel Polresta Sleman Lakukan Patroli di Gerai-gerai ATM

Kedua, nasabah melakukan transaksi hanya pada ATM yang lokasinya terpantau keamanannya. Nasabah dianjurkan menggunakan ATM yang terpasang di kantor-kantor bank. 

Ketiga, pantau dengan seksama kondisi sekitar ruang ATM. Bila ada benda yang mencurigakan dan tidak yakin dengan fungsi benda tersebut maka sebaiknya tidak melakukan transaksi di mesin ATM itu. 

Tampang WN Estonia Pelaku Skimming Bank BUMN yang Diciduk Polisi

"Terakhir,  monitor dengan seksama akun perbankan milik kita, bila ada transaksi penarikan uang yang mencurigakan dan diragukan, segera laporkan kepada pihak bank," katanya, Sabtu, 17 Maret 2018.

Adapun dari sisi perbankan, langkah yang dilakukan adalah meningkatkan standar pengamanan pada kartu ATM/debit produknya. Dalam hal ini standar EMV (Europay Mastercard Visa), yaitu sebuah standar yang dibangun oleh konsorsium penyedia kartu bayar Mastercard dan Visa.

Standar ini telah dijadikan sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan standar bagi transaksi elektronik dan mencegah kejahatan skimming. Kartu EMV dirancang untuk mengurangi kejahatan skimming

Kartu dengan chip EMV memberikan kode unik untuk setiap transaksi. Hal itu tidak seperti halnya kartu strip magnetik yang menggunakan informasi kartu Anda untuk memproses setiap pembayaran. 

"Sayangnya migrasi dari model kartu berbasis magnetic ke system chip EMV cukup mahal sehingga tidak semua penyedia jasa kartu ATM memilih teknologi EMV pada kartu ATMnya," ujarnya.

Lebih lanjut, Yudi mengatakan, data yang dirilis oleh The British Press, di wilayah Inggris saja setiap tahun tercatat hampir 100.000 nasabah yang melaporkan menjadi korban dari aktivitas skimming. 

"Berdasarkan data yang dirilis tersebut setiap tahun jumlah uang nasabah yang dicuri melalui kejahatan skimming meningkat hampir 20 persen tiap tahunnya." (mus) 
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya