Semua Calon Wali Kota Malang Berurusan dengan KPK

Tiga dari 12 anggota DPRD Kota Malang sesaat sebelum diperiksa tim penyidik KPK di Markas Polres setempat pada Selasa, 15 Agustus 2017.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Lucky Aditya

VIVA – Setelah memeriksa dua calon Wali Kota Malang Moch Anton dan Ya'qud Ananda Gudban pada Kamis kemarin. Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kali ini memeriksa calon wali kota lainnya, Sutiaji di Aula Rupatama Polres Malang Kota, Jumat, 23 Maret 2018.

Soal Video Wali Kota Malang Gowes Viral, DPRD Sebut Tidak Peka

Pemeriksaan calon wali kota nomor urut tiga itu masih berkaitan dengan aliran dana suap pembahasan APBD Perubahan Pemerintah Kota Malang tahun 2015. Dengan pemeriksaan ini berarti semua calon kepala daerah di Kota Malang diperiksa oleh KPK.

"Saya diperiksa dimintai keterangan sebagai saksi atas tersangka H.M Zainuddin dan Sahrawi. Pemberitahuan dari KPK saya terima tiga hari yang lalu," kata Sutiaji sebelum pemeriksaan.

PDIP Kokoh Kuasai Kota Malang meski Semua Legislatornya Ditangkap KPK

Wakil Wali Kota Malang nonaktif itu mengaku diperiksa untuk pertama kalinya sebagai saksi oleh penyidik KPK. Beberapa waktu lalu Sutiaji pernah dipanggil KPK ke Jakarta. Namun, menurut Sutiaji pemanggilan itu hanya untuk mengumpulkan berkas yang diminta KPK kepada Pemerintah Kota Malang. "Ditanya kenal ini atau tidak itu saja," ujar Sutiaji.

Sutiaji diperiksa penyidik KPK bersama 16 saksi lainnya di Aula Rupatama Polres Malang Kota.

Jaksa KPK Eksekusi 10 Mantan Legislator Malang

Saksi yang diperiksa dari eksekutif adalah, Wasto Kepala Bappeda Kota Malang Tahun 2015, Cipto Wiyono Sekretaris Daerah Kota Malang 2016, Nunuk Sri Rusgiyanti Sekretaris Dinas PU Kota Malang, Noer Rahman Wijaya Kepala Bidang Stabilitas Harga dan Perlindungan Konsumen Dinas Perdagangan Kota Malang atau Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum Kota Malang Tahun 2015.

Moh Sulthon Kepala Bidang Pendataan dan Evaluasi Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah atau BAPPEDA Kota Malang tahun 2015, Totok Kasianto Sekretaris BPKAD Kota Malang, Tedy Sujadi Soemarna Kepala Bidang Perumahan dan Tata Ruang Dinas Pekerjaan Umum Kota Malang tahun 2015.

Prihatin Wilujeng Kepala Bidang Penataan Ruang Dinas PU tahun 2015, Bambang Suharijadi Seketaris DPRD Kota Malang, Sofwan Seketaris Daerah Kota Malang tahun 2014, Dahat Sih Bagyono Pegawai Negeri Sipil, Hadi Santoso Kepala Dinas PU. Retno Anggiri Purwandani Kasubag Perencanaan dan Keuangan Dinas PU Perumahan dan Pengawasan Bangunan Kota Malang pada tahun 2015.

Sedangkan dari legislatif, adalah Tri Yudiani anggota DPRD Kota Malang, Sony Yudiarto anggota DPRD Kota Malang, Syaiful Rusdi anggota DPRD Kota Malang, Bambang Sumarto anggota DPRD Kota Malang, Sulik Lestyowati anggota DPRD Kota Malang. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya