Truk Minyak Sawit Terguling, Jalur Lintas Sumatra Lumpuh

Truk tangki bermuatan crude palm oil atau minyak sawit kecelakaan tunggal di kawasan Panorama II Sitinjau Lauik, Kota Padang, Sumatra Barat, pada Senin dini hari, 2 April 2018.
Sumber :
  • VIVA/Andri Mardiansyah

VIVA – Truk tangki bermuatan crude palm oil atau minyak sawit kecelakaan tunggal di kawasan Panorama II Sitinjau Lauik, Kota Padang, Sumatra Barat, pada Senin dini hari, 2 April 2018. Truk itu terguling hingga melintang di tengah jalan.

Operasi Keselamatan 2024 Rampung, Catat 372 Orang Tewas Karena Kecelakaan

Sopir truk yang diketahui bernama Safi'i (57) tewas di tempat dalam kondisi mengenaskan. Evakuasi korban sempat kesulitan karena posisi truk yang terguling. Namun tim SAR akhirnya berhasil mengevakuasi jasad si sopir.

Kecelakaan itu juga menyebabkan lalu lintas di jalur lintas Sumatra Barat dengan provinsi lain menjadi lumpuh. Bukan cuma karena posisi truk yang melintang tetapi juga muatan minyak sawitnya tumpah ke jalan hingga menggenang di sepanjang 150 meter ruas jalan Panorama II Sitinjau Lauik.

Korlantas Polri Beri Bantuan ke Bocah SD yang Kecelakaan hingga Kaki Kanan Diamputasi

Truk Minyak Sawit Terguling, Jalur Lintas Sumatra Lumpuh

Jalan yang licin gara-gara tumpahan minyak itu bahkan mencelakakan satu bus pariwisata. Bus itu tergelincir hingga tersuruk ke tepi jalan. Beruntung tak ada korban jiwa maupun luka.

Utamakan Keselamatan, Ini Tips Aman Berkendara Sepeda Motor

Polisi bersama aparat BPBD, TRC F-KSB Kota Padang dan warga masih berupaya membersihkan sisa material tumpahan minyak sawit itu. Seluruh kendaraan yang datang dari dua arah sama sekali tidak bisa melintas akibat ruas jalan licin.

Truk Minyak Sawit Terguling, Jalur Lintas Sumatra Lumpuh

Para pengendara yang hendak melintas diimbau untuk menunggu sejenak hingga ruas jalan aman dilalui. Lagi pula, mengingat cuaca dan kondisi jalan licin, kewaspadaan tetap harus ditingkatkan.

"Sampai kini ruas jalan belum bisa dilalui. Masih licin. Petugas masih berupaya membersihkan sisa material tumpahan CPO dengan menggunakan sekam," kata Kepala Satuan Lalu Lintas Polresta Padang, Komisaris Polisi Asril Prasetya. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya