Jijik Lihat Air Sungai Citarum, Hitam dan Berbusa

Prajurit TNI Bersihkan Sampah Citarum
Sumber :
  • ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

VIVA – Sungai Citarum tengah menjadi sorotan karena kondisinya yang semakin parah. Sungai terbesar di Jawa Barat itu berwarna hitam dan penuh sampah juga limbah industri.

Ajak Masyarakat Tepi Sungai Citarum Kelola Sampah, Kolabs Yayasan Bening Saguling dan BRI Peduli

Ci Tarum atau Citarum adalah sungai terpanjang dan terbesar di Tatar Pasundan, Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Sayang, menjadi salah satu sungai paling tercemar di dunia sejak 2007 silam.

Padahal, sungai ini memiliki nilai sejarah dan sosial yang penting. Tak hanya itu, jutaan orang juga bergantung langsung hidupnya dari sungai ini.

Sungai Citarum Indonesia Masuk 5 Besar Sungai Terkotor di Dunia

Penduduk di sekitar memanfaatkan sungai ini untuk memancing atau menjala ikan. Selain itu, air dari Citarum juga dimanfaatkan sebagai pasokan air minum untuk sebagian warga Jakarta.

Namun, kondisi berubah sejak paruh kedua tahun 1980-an saat mulai banyak berdiri pabrik di sekitar sungai. Meski sempat dilakukan proyek normalisasi, kondisi tak banyak berubah, malah sebagian tempat air menjadi hitam pekat.

Lagi Cuci Daging Hewan Kurban, Gugun Hanyut Tenggelam Terseret Arus Sungai Citarum

Pada November 2011, proyek revitalisasi dilakukan dengan anggaran dana mencapai Rp1,59 triliun. Pada 2025, air Sungai Citarum ditargetkan sudah bisa menjadi air minum.

Lihat bagaimana parahnya kondisi Sungai Citarum, yang berwarna pekat dan penuh sampah juga busa limbah industri, pada video ini. Benar-benar miris.

(ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya