Sungai Citarum Indonesia Masuk 5 Besar Sungai Terkotor di Dunia

Anak-anak berenang di Sungai Citarum
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Lifestyle – Sungai Citarum di Indonesia termasuk salah satu sungai yang dikenal sebagai salah satu sungai terkotor di dunia. Namun, penting untuk diingat bahwa peringkat kekotoran sungai dapat berubah seiring waktu dan bisa bervariasi tergantung pada parameter yang digunakan untuk menilai tingkat pencemaran.

Pj Bupati Purwakarta Ingatkan Integritas ASN dan Mitigasi Wabah DBD

Berikut ini kami bagikan sederet daftar sungai terkotor di dunia yang dilansir dari laman Illuminem, Kamis, 5 Oktober 2023.

Sungai Citarum, Indonesia

Petugas Kebersihan di Tangerang Angkut 3 Ribu Ton Sampah per Hari Selama Idul Fitri

Sungai Citarum yang terletak di Pulau Jawa, Indonesia, dikenal karena tingkat pencemarannya yang tinggi akibat limbah industri, domestik, dan pertanian. Pencemaran ini berdampak pada lingkungan dan kesehatan masyarakat.

Diduga Bunuh Diri, Anton Bahrul Nekat Terjun ke Sungai Brantas

"Penelitian yang dilakukan oleh Blacksmith Institute menemukan kadar timbal di Sungai Citarum 1.000 kali dari standar air minum Badan Perlindungan Lingkungan Amerika Serikat (AS)," tulis laporan Illuminem.

Meskipun demikian, Sungai Citarum tetap menjadi sumber kehidupan masyarakat Jawa Barat dan sekitarnya. Sebab, air dari Sungai Citarum kerap digunakan sebagai sumber pembangkit tenaga listrik, pemasok air untuk kegiatan industri, hingga irigasi pertanian.

Sungai Yamuna, India

Sungai Yamuna

Photo :
  • dailypedia.net

Sungai Yamuna, yang mengalir di India utara, terkena pencemaran yang signifikan akibat limbah industri, domestik, dan pertanian. Pencemaran ini mempengaruhi sumber daya air dan kehidupan laut di sekitarnya.

Sungai Pasig, Filipina

Ilustrasi air sungai.

Photo :
  • Pixabay/Free-Photos

Sungai Pasig di Manila, Filipina, adalah salah satu sungai terkotor di dunia karena limbah domestik, industri, dan sampah plastik yang mencemarinya. Pemerintah setempat berusaha untuk membersihkan dan memulihkan sungai ini.

Sungai Buriganga, Bangladesh

Sungai Buriganga

Photo :
  • Tangkapan Layar

Sungai Buriganga di Dhaka, Bangladesh, terkena pencemaran berat akibat limbah industri, domestik, dan pembuangan sampah. Kualitas air yang buruk berdampak negatif pada kesehatan masyarakat dan lingkungan.

Sungai Amur, Rusia/Cina

Ikan-ikan di sejumlah lokasi di Sungai Cileungsi di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, mati akibat air sungai itu tercemar limbah industri.

Photo :
  • VIVA/Muhammad AR

Sungai Amur, yang merupakan batas alami antara Rusia dan Cina, mengalami pencemaran akibat limbah industri, limbah pertanian, dan polusi dari permukiman manusia. Perubahan lingkungan di sekitar sungai juga mempengaruhi keberlangsungan hidup spesies-spesies di sungai ini.

Penting untuk terus memantau dan mengambil tindakan yang diperlukan untuk mengatasi pencemaran di sungai-sungai ini dan di seluruh dunia demi menjaga keberlanjutan lingkungan dan kesehatan masyarakat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya