Viral Terekam Lumba-lumba Berenang di Sungai Keruh, Kok Bisa?

Lumba Lumba di Air Keruh
Sumber :
  • Istimewa

Inggris – Suatu kejadian langka berhasil direkam kamera ketika sekelompok lumba-lumba terlihat bermain di sungai yang keruh di Inggris, sekitar 13 mil dari laut di wilayah East Midlands.

Monster Laut Raksasa Setinggi 82 Kaki Ditemukan di Pantai Inggris, Bisa Jadi Reptil Laut Terbesar

Dilansir dari Mirror, Kamis, 4 April 2024, Madi Corby dan temannya, Sam Wibberley, sedang berjalan-jalan dengan anjing mereka di sepanjang tepi Sungai Welland, dekat Spalding, Lincolnshire.

Kemudian, mereka melihat tiga sirip muncul dari permukaan air. Video yang diambil oleh pasangan tersebut menampilkan mamalia-mamalia itu meluncur di sepanjang permukaan air melalui serangkaian pintu air.

Diduga Bunuh Diri, Anton Bahrul Nekat Terjun ke Sungai Brantas

Lumba Lumba di Air Keruh

Photo :
  • Istimewa

"Itu adalah pengalaman yang luar biasa dan saya masih terkejut saat bisa melihat mereka. Saya seorang pejalan kaki anjing dan memiliki bisnis sendiri, jadi saya selalu mengajak anjing jalan-jalan, tetapi saat itu saya sedang mengajak empat anjing saya berjalan-jalan bersama anjing saya." ujar Madi.

Ambil Air Wudhu di Parit, Pria Tua di Kubu Raya Diserang Buaya Muara

“Mereka lumba-lumba jelas baru saja berenang dari laut yang berjarak sekitar 13 mil ke arah hulu sungai tetapi mereka tidak bisa melewati pintu air sehingga mereka pasti berenang kembali. Kami menyaksikan mereka bermain sekitar sepuluh menit. Sungguh luar biasa melihat mereka bermain. Sangat dekat dengan kita," tambahnya.

Lumba-lumba dapat berukuran panjang hingga 2,5 meter dan berat hingga 235 kg dan biasanya ditemukan hidup di laut atau perairan dalam. Hingga 29 spesies cetacea, termasuk lumba-lumba dan paus, telah terlihat di Inggris dan Irlandia sejak tahun 2000.

Lumba-lumba pada umumnya adalah spesies lepas pantai, namun sering kali mendekati pantai untuk mencari makan, menurut The Wildlife Trusts.

Lumba-lumba Amazon tewas

Photo :
  • Al Jazeera

Lumba-lumba hidung botol dan lumba-lumba pelabuhan adalah dua spesies yang sering terlihat. Sea Watch Foundation mengatakan: “Lumba-lumba hibrida ini memiliki kombinasi ciri-ciri dari kedua spesies.

Mereka mempunyai garis-garis hitam dan putih yang sangat berbeda di sisi tubuh mereka yang merupakan ciri khas lumba-lumba belang, namun mereka memiliki pola jam pasir dan warna yang berbeda dari lumba-lumba belang. lumba-lumba biasa," sebutnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya