Pentingnya Menjaga Kebersihan dalam Islam, Sudah Diatur dalam Alquran

Ilustrasi wudhu, berkumur, cuci tangan
Sumber :
  • Pixabay/ mucahityildiz

VIVA Lifestyle – Allah SWT sangat mencintai kebersihan. Maka dari itu, Islam menganjurkan umatnya untuk selalu menjaga kebersihan jasmani dan rohani. 

Ribuan Warga Yahudi Israel Memaksa Masuk dan Gelar Ibadah di Masjid Al-Aqsa

Kebersihan jasmani salah satunya tercermin dari perilaku selalu bersuci sebelum melaksanakan ibadah kepada Allah SWT, dengan cara berwudhu. Yuk, scroll untuk info selengkapnya.

Perintah untuk menjaga kebersihan pun sudah dijelaskan dalam Alquran surat Al-Baqarah ayat 222.

Esports: PUBG Mobile Sukses Gelar Turnamen Komunitas hingga Influencer selama Ramadhan

“Sungguh, Allah menyukai orang-orang yang tobat dan menyukai orang-orang yang menyucikan diri,” demikian arti dari surat Al-Baqarah ayat 222.

Aturan Baru, Arab Saudi Izinkan Semua Jenis Visa Bisa Ibadah Umrah

Namun, tidak hanya kebersihan diri saja, menjaga kebersihan tempat ibadah juga sangat dianjurkan. Memahami hal tersebut, Kao Indonesia bersama Badan Amil dan Zakat Nasional (BAZNAS) berkolaborasi dalam rangkaian kegiatan #KaoBERSINAR – Kao Bersih, Sehat, Indahkan Ramadhan

Rangkaian kegiatan yang dilakukan selama bulan Ramadhan ini bertujuan untuk memberikan nilai tambah dan mendukung kenyamanan masyarakat dalam menjalankan ibadah dengan dukungan penyaluran produk detergen Attack Jaz1 ke-39 Masjid di Jabodetabek, rangkaian edukasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan penyaluran Santri Hygiene Kit bagi para santri di 5 Pesantren.

Naoki Yoshigai, Presiden Direktur Kao Indonesia mengatakan, kegiatan ini sejalan dengan nilai Kirei Lifestyle Innovation yang merupakan komitmen dan strategi ESG (Environment, Social, Governance) Kao Indonesia. 

Kirei sendiri dalam bahasa Jepang memiliki banyak makna yang mencerminkan kebersihan, kesehatan dan keindahan serta ketenangan ketika kita melihat atau merasakan sesuatu.

“Kami juga mengapresiasi dukungan yang diberikan oleh BAZNAS dalam kolaborasi yang sinergis ini, sehingga aktivitas yang dilakukan dapat memberikan manfaat dan nilai tambah kepada masyarakat dalam menjalankan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan ini. Di mana harapannya, dengan tubuh yang bersih dan sehat, serta alat salat yang bersih dan harum dapat menambah kenyamanan dalam beribadah,” ujar Naoki dalam keterangannya, dikutip Minggu 31 Maret 2024.

Kick off rangkaian kegiatan ini dilakukan dengan penyaluran produk detergen Attack Jaz1 yang diserahkan langsung oleh Presiden Direktur Kao Indonesia, Naoki Yoshigai dan diterima oleh Ketua BAZNAS RI, Prof. Dr. KH. Noor Achmad di Gedung BAZNAS RI, Jakart pada Kamis, 14 Maret 2024.

Prof. Dr. KH. Noor Achmad, MA., Ketua BAZNAS RI, turut mengucapkan terima kasih karena berkenan untuk bekerja sama dengan BAZNAS dalam rangkaian kegiatan di Ramadhan kali ini. 

“Sesuai dengan fitrah puasa yang akan menyucikan manusia, diharapkan dengan hadirnya Kao Indonesia bisa membantu alat salat dan masjid yang bersih dalam menyambut masyarakat yang akan beribadah dan juga menjelang Idul Fitri,” kata dia.

“Semoga rangkaian kerja sama ini bisa memberikan manfaat, tak hanya bagi Kao Indonesia tapi juga bagi masyarakat yang menerima bantuan. Berkah buat kita semua,” imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya