Ketua MK Anwar Usman Ucapkan Sumpah

Ketua MK terpilih, Anwar Usman.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Fajar Ginanjar Mukti.

VIVA - Ketua Mahkamah Konstitusi terpilih masa jabatan 2018-2020, Anwar Usman, mengucapkan sumpah jabatan di hadapan Wakil Presiden Jusuf Kalla. Acara dimulai dengan pembacaan petikan keputusan MK tentang pengangkatan ketua dan wakil ketua MK oleh Sekretaris Jenderal, Guntur Hamzah.

Diajukan Agus Rahardjo, MK Tolak Uji Formil UU KPK

Anwar kemudian membaca sumpah dengan didampingi rohaniwan Islam. Baca juga: Anwar Usman, Guru SD yang Kini Pimpin MK

"Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan memenuhi kewajiban sebagai Ketua MK dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, dengan memegang teguh UUD 1945 dan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya menurut UUD 1945, serta berbakti kepada nusa dan bangsa," ujar Anwar di MK, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Senin, 2 April 2018.

Istri Ketua MK Anwar Usman Meninggal akibat Serangan Jantung

Usai itu, Anwar menandatangani berita acara pelantikan diikuti delapan hakim konstitusi lain. Wakil Ketua MK terpilih, Aswanto, juga melakukan prosedur yang sama.

Anwar Usman terpilih sebagai Ketua Mahkamah Konstitusi periode 2018-2020, menggantikan Arief Hidayat yang sudah dua kali menjabat ketua. Anwar terpilih melalui mekanisme pemilihan langsung atau voting yang dilakukan oleh sembilan hakim MK, Senin, 2 April 2018.

MK Tolak Eksepsi Tim Jokowi soal Berkas Gugatan Baru Prabowo

Voting diambil setelah muncul tiga nama, Anwar Usman, Aswanto dan Saldi Isra muncul. Dari hasil voting, Anwar Usman memperoleh 5 suara, hanya selisih satu suara dengan Suhartoyo yang memperoleh 4 suara. (ase)

Presiden KSPSI Andi Gani Nena Wea.

MK Putuskan UU Cipta Kerja Harus Diperbaiki, KSPSI Bersyukur

Presiden KSPSI Andi Gani Nena Wea mengaku bersyukur putusan hakim MK memihak kepada seluruh rakyat Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
25 November 2021