Tips Agar Terhindar Kejahatan Skimming

Ilustrasi transaksi di ATM
Sumber :
  • www.pixabay.com/mrganso

VIVA – Aparat Subdit Resmob Ditreskrimum Polda Metro Jaya kembali menangkap empat tersangka pembobolan dana nasabah dengan modus skimming. Empat tersangka warga negara asing itu, dua berasal dari negara Bulgaria, satu dari negara Chili dan satu tersangka dari negara Taiwan.

Cegah Terjadi Skimming, Personel Polresta Sleman Lakukan Patroli di Gerai-gerai ATM

Kanit IV Resmob Polda Metro Jaya, AKP Rovan Richard mengatakan, para pelaku skimmer biasanya memasang alat skimmer di mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) dengan menutup diri sedemikian rupa.

"Biasanya mereka memakai topi dan baju lengan panjang. Hal itu untuk menutupi ciri-ciri fisik mereka," kata Rovan di Mapolda Metro Jaya, Selasa 3 April 2018.

Tampang WN Estonia Pelaku Skimming Bank BUMN yang Diciduk Polisi

Rovan menerangkan dalam menjalankan aksinya para pelaku tak perlu waktu lama. Para pelaku hanya butuh waktu 10 hingga 15 menit untuk memasang satu unit alat skimmer yang ditempelkan di ATM.

Agar terhindar dari korban skimming, Rovan berpesan kepada pengunjung ATM yang menarik uangnya untuk memperhatikan kondisi ATM yang dituju, apakah sudah dalam kondisi aman atau belum.

WN Latvia Pelaku Skimming Buat Bank Rugi Rp1,2 Miliar

"Biasakan ketika hendak mengambil uang, alat keyboard angka hendaknya ditutup menggunakan tangan di atas angka-angkanya. Hal itu untuk memastikan agar ketika kita memasukan nomor PIN, tidak terekam oleh alat skimmer, jika di ATM-nya sudah terpasang alat tersebut," ujarnya.

Kapolres Metro Tangerang Kota, Kombes Pol Zain Dwi Nugroho

Polisi Tangkap Pria Paruh Baya Usai Bobol ATM di Rest Area Tol Jakarta-Merak

Pelaku beraksi dengan mengganjal mesin ATM pakai tusuk gigi.

img_title
VIVA.co.id
15 Juni 2023