DPR Mulai Pikir-pikir Mau Bentuk Pansus Facebook

Logo Media Sosial Facebook.
Sumber :
  • REUTERS/Dado Ruvic

VIVA – Dugaan bobolnya data satu juta pengguna Facebook di Indonesia dianggap merupakan masalah yang oleh Komisi I DPR. Karena itu, Facebook Indonesia pada pekan depan akan dipanggil ke DPR untuk menjelaskan mengenai hal ini. 

Aparat Gabungan Bersiaga di KPU dan DPR Jelang Penetapan Hasil Pemilu

"Minggu depan kita akan panggil dan kita sudah jadwalkan, dan tapi belum tahu konfirmasi mereka. Tapi kita rencanakan memanggil hari Rabu perwakilan dari FB," kata Anggota DPR Komisi I, Meutya Hafid, di Jakarta, Jumat 6 April 2018.

Komisi yang membidangi komunikasi dan informasi ini mengaku akan menggali informasi lebh dalam terkait penyebab data itu bisa bocor. Jika dianggap perlu, Komisi I juga akan membuat Panitia Khusus (Pansus) atau Panitia Kerja (Panja).

1.489 Personel Gabungan Kawal Demo Depan Gedung DPR, Pengalihan Arus Situasional

Wakil Ketua Komisi I, Meutya Hafid

Anggota DPR Komisi I, Meutya Hafid

Ada Demo di Depan DPR, Arus Lalu Lintas dari Semanggi ke Slipi Dialihkan

"Kalau ada kecurigaan-kecurigaan atau hal-hal yang tidak terjawab baru kemudian kami putuskan, apakah kami juga akan meningkatkan dengan membentuk Pansus atau Panja," ujar Meutya.

Terkait apakah Facebook harus membuat server di Indonesia, Meutya hanya menjawab seharusnya Facebook memang harus menyesuaikan diri dengan aturan di Indonesia.

"Tanpa ada kebocoran data pun kita sudah saya sampaikan bahwa idealnya mereka yang melakukan atau melewati saluran internet kita, tapi kan itu memang masih belum disepakati kemarin," kata politikus Partai Golkar ini. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya