KSAU Minta Prajurit Tak Ikut Campur Pilkada dan Pilpres

Kepala Staf TNI AU Marsekal Yuyu Sutisna
Sumber :
  • VIVA/Agus Rahmat

VIVA – TNI AU menggelar upacara peringatan HUT ke 72 di lapangan udara Halim Perdanakusuma. Dalam kesempatan itu, Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Yuyu Sutisna sempat menyinggung tentang situasi politik nasional jelang pemilihan kepala daerah (Pilkada) dan Pilpres 20119 mendatang.

HUT Ke-73 TNI AU Berlangsung Meriah

Ia mengingatkan kepada seluruh jajaran TNI AU untuk bekerja profesional di dalam menjalankan tugasnya, terlebih lagi di tahun politik jelang pelaksanaan Pilkada 2018 dan Pemilu 2019 mendatang.

"Saya tekankan seluruh anggota TNI AU agar tidak terlibat dalam politik praktis, serta menjaga netralitas TNI dalam proses Pilkada dan Pemilu," kata Marsekal TNI Yuyu Sutisna dalam acara Peringatan HUT TNI AU ke 72 di Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Senin 9 April 2018.

Tantangan Padi Reborn Manggung di Udara

Ia menambahkan, salah satu kewajiban TNI adalah menjaga netralitas dengan tidak memihak salah satu calon atau partai politik peserta pemilu.

"Implementasi sikap netralitas ini harus diwujudkan baik secara langsung maupun tidak langsung maupun penggunaan sarana kedinasan untuk kegiatan Pilkada dan Pemilu," ujarnya.

Kerennya Aksi Padi Reborn Manggung di Ketinggian 15.000 Kaki

Untuk diketahui, peringatan hari jadi TNI AU tahun ini diselenggarakan berbeda dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Tahun ini, TNI AU meniadakan parade udara yang biasanya dilakukan hampir setiap tahun dalam memperingati hari jadinya TNI AU.

"Konsep peringatan kali ini kita tidak menampilkan demo udara. Tapi kita mengadakan Pesta Rakyat sebagai refleksi hubungan kedekatan TNI AU dengan rakyat," kata Yuyu Sutisna.

Upacara peringatan HUT TNI AU pagi tadi tampak hadir Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto yang didampingi seluruh Kepala Staf di jajaran TNI. Selain itu, sejumlah alat alutista milik TNI AU juga berjajar di lapangan upacara dalam acara Peringatan HUT TNI AU ke 72 kali ini. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya