Logo BBC

Wah, Ada Durian Segenggaman Tangan dan Rambutan Tanpa Rambut

"Enam jenis tapi bukan durian," tulis Hanif Wicaksono dalam keterangan foto buah-buahan hutan Kalimantan yang diunggahnya di akun media sosialnya. - Facebook/Hanif Wicaksono
"Enam jenis tapi bukan durian," tulis Hanif Wicaksono dalam keterangan foto buah-buahan hutan Kalimantan yang diunggahnya di akun media sosialnya. - Facebook/Hanif Wicaksono
Sumber :
  • bbc

Lewat akun Facebook dan Instagramnya, seorang pegawai negeri sipil di Kalimantan Selatan membagikan foto-foto buah-buahan, yang sebagian berasal dari pohon langka di hutan dekat tempat tinggalnya.

Unggahan foto dari pria bernama Hanif Wicaksono itu menjadi viral di media sosial beberapa waktu lalu. Foto itu disebarkan lebih dari 7.000 kali dan disukai lebih dari 4.500 kali.

Meski buah-buahan itu tampak seperti durian, namun sebenarnya bukan. Dalam cuitan selanjutnya disebut bahwa buah-buah itu, "...menurut yang tukang foto, nama-nama buah di atas adalah Mahrawin, Karantungan, Lahung, Pampakin, Kalih dan Trako."

Foto yang diunggah oleh akun @manusiasuper itu berasal dari akun Facebook Hanif Wicaksono yang memang dalam beberapa tahun terakhir sering mengunggah foto-foto buah-buahan hutan asal Kalimantan.

Sejak 2012, dalam pekerjaan sehari-harinya sebagai pegawai BKKBN yang berpindah-pindah tugas di Kalimantan Selatan, Hanif kerap mencari pohon-pohon dan buah-buahan hutan yang tak pernah ditemuinya di Pulau Jawa.

"Awalnya memang karena penasaran. Saya ini kan hitungannya pendatang. Saya ke Kalimtantan, saya lihat buah-buah, ini apa? Banyak orang ternyata hanya tahu buahnya saja, tapi ketika saya tanya mana sih tanamannya? Ternyata banyak yang tidak tahu," kata Hanif pada BBC Indonesia, Kamis (5/4) lalu.

Karena penasaran dengan pohon buah-buahan tersebut, dia berjalan berkeliling masuk ke hutan untuk mencarinya. Awalnya, Hanif tinggal di Kandangan, Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan.