KSAL Pensiun 1 Juni, Siapa Penggantinya

Kepala Staff Angkatan Laut Laksamana TNI Ade Supandi.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Raudhatul Zannah

VIVA – Kepala Staf TNI Angkatan Laut atau KSAL Laksamana Ade Supandi akan memasuki masa pensiun terhitung tanggal 1 Juni 2018. Oleh karena itu akan segera dilakukan pergantian jabatan KSAL.

Bocoran Hasil Pertemuan Jokowi dengan Prabowo-Gibran di Istana

Jelang masa pensiun, Ade datang ke Istana Kepresidenan Jakarta untuk menemui Presiden Joko Widodo pada Kamis 19 April 2018.

"Saya menghadap Presiden, melaporkan kegiatan Angkatan Laut selama saya memimpin Angkatan Laut dan juga melaporkan bahwa 1 Juni saya akan purnatugas," kata Ade, usai menemui Presiden di Jakarta.

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Temui Presiden Jokowi di Istana

Dia mengaku saat bertemu Presiden, tidak mengusulkan nama-nama calon KSAL yang layak. Menurutnya, selama ini publik sudah bisa melihat figur yang cakap di publik. Namun mengenai figurnya, Ade tidak membicarakan secara spesifik. Meski kata dia, memang ada kriteria yang harus dimiliki seorang calon KSAL.

"Pertama, perwira tinggi Angkatan Laut. Kedua, Angkatan Laut. Itu kita bisa melihat dari para perwira yang profesional yang bisa melanjutkan," kata dia.

Kata Istana soal Kabar Jokowi Bakal Anugerahkan Satyalencana ke Gibran dan Bobby

Hanya menurutnya, tantangan ke depan yang harus dihadapi memang menyangkut banyak persoalan.  

"Angkatan Laut kan, melanjutkanlah. Kedua, tentu saja pembinaan prajurit, alutsista dan menjamin kesiapan operasional Angkatan Laut untuk mampu melaksanakan fungsi pertahanan negara di laut dan berikutnya intensitas kerja sama dengan semua instansi," ujar KSAL.

Persoalan batas laut kemudian tindak pencurian ikan menurutnya masih menjadi tantangan korps tersebut. Selain itu penyelundupan TKI dan penyelundupan narkoba melalui jalur laut juga harus menjadi titik berat tugas AL.


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya