Catat, Ini Titik Rawan Macet Arus Mudik Lebaran 2018

Ilustrasi arus mudik di Cipali
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Dedhez Anggara

VIVA – Korps Lalu Lintas (Korlantas) Mabes Polri meninjau langsung ke sejumlah jalur yang akan digunakan untuk mudik Lebaran 2018. Dari beberapa jalur yang ditinjau, diperkirakan ada beberapa area yang akan menjadi titik macet.

Satgas COVID-19: Efek Mudik Lebaran Baru Terlihat 2-3 Minggu Lagi

Kepala Korlantas Mabes Polri, Irjen Pol Royke Lumowa mengatakan, kepadatan kendaraan diprediksi akan terjadi di sejumlah jalur Pulau Jawa. Untuk wilayah Jawa Barat, titik kemacetan pada saat arus mudik dan balik akan terpusat di ruas Tol Cipali dan Cipularang. Hal ini akan menjadi fokus utama Ditlantas Polda Jabar.

"Cikampek masih jadi titik rawan saat mudik maupun balik ya, akan ada beberapa upaya perbaikan. Kemudian juga Cipali ya," kata Royke saat meninjau pintu Tol Manyaran, Semarang, Jawa Tengah, Senin, 23 April 2018

Lonjakan Kasus COVID-19 Usai Lebaran, Menkes Siapkan Kondisi Terburuk

Tak hanya di wilayah Jawa Barat, Royke juga memprediksi kepadatan kendaraan akan terjadi di wilayah Jawa Tengah. Titik kemacetan tersebut diperkirakan akan terjadi gerbang Tol Manyaran, dan juga di beberapa ruas jalur Tol Trans Jawa.

"Gringsing, Batang masih juga (macet). Kemudian Krapyak masuk Semarang ini primadona tempat keluar. Begitu juga di tempat-tempat lain arteri sebut saja Magelang-Jogja masih dominan. Kemudian Bali, Denpasar, Gilimanuk, Merak," ujar Royke.

Jelang Lebaran, Ini Pesan Gubernur Jabar untuk Pemudik

Mantan Dirlantas Polda Metro Jaya ini menambahkan, selain ruas Jalan tol, ada beberapa titik kemacetan di sejumlah ruas arteri. Salah satu ruas jalan arteri yang bakal dipadati pemudik yakni, Nagrek-Malangbong.

"Satu lagi, perbaikan jalan layang di Karang Sawah tepatnya di Pasar Tonjong, arah Purwokerto, itu pasti akan terjadi antrean panjang. Karena memang cukup padat di sana arus volume kendaraan, sementara jalan terbatas," ujarnya.

Royke juga tak dapat memungkiri bahwa Gerbang Pintu Tol Krapyak, akan menjadi salah satu penyebab kemacetan di Semarang. Sebab, Gerbang Tol Krapyak merupakan pintu masuk dan keluar antara Jawa Tengah dan Jawa Timur.

"Krapyak di interchange, di pintu keluar, pasti di sekitar Semarang akan ada kepadatan, soalnya masuk krapyak kan masuk Manyaran ya. Pintu Manyaran masuk ke Jatingale, lanjut ke Salatiga. Masuk tol fungsional langsung ke Solo, ke Jawa Timur," tuturnya. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya