Logo ABC

Jangan Asal Datangkan Dosen dari Luar Negeri

Guru Besar Institut Pertanian Bogor, Dwi Andreas Santosa.
Guru Besar Institut Pertanian Bogor, Dwi Andreas Santosa.
Sumber :
  • abc

Sejumlah akademisi di Indonesia bersikap terbuka terhadap rencana pemerintah yang hendak mendatangkan dosen asing mengajar di Indonesia. Namun mereka mengingatkan pemerintah untuk benar-benar memastikan kualitas dan kepakaran mereka.

Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) berencana mendatangkan sekitar 200 dosen asing bergelar professoruntuk ditempatkan di berbagai Perguruan Tinggi (PT) di Indonesia.

Anggaran hingga sebesar Rp 200 miliar juga telah disiapkan untuk mencukupi kebutuhan para dosen asing yang didatangkan selama mengajar di Indonesia.  

Kebijakan ini merupakan bagian dari program World Class Professor (WCP) yang bertujuan untuk mengembangkan riset ilmiah khususnya di bidang IPTEK serta inovasi di lingkungan perguruan tinggi nasional.

dosenasing2_andreas_abc_1804023.jpg Photo: Guru Besar Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor (IPB) Dwi Andreas Santosa  (Supplied)

Sebagian akademisi menyambut positif program ini. Meski mereka menilai efektivitas program ini akan sangat tergantung pada kualifikasi dan kualitas dosen yang akan didatangkan.

Seperti disampaikan oleh Guru Besar Institut Pertanian Bogor, Dwi Andreas Santosa.