Sesepuh Pesantren Buntet Cirebon Wafat di Inggris

KH Nahduddin Royandi Abbas
Sumber :
  • Repro Facebook

VIVA – Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un, telah berpulang ke rahmatullah, KH Nahduddin Royandi Abbas, sesepuh Pondok Pesantren Buntet, Cirebon, Jawa Barat.

Penjualan Sepeda Motor April 2024 Anjlok 28 Persen

Berdasarkan informasi yang himpun VIVA di situs resmi Buntetpesantren.org, Kamis, 26 April 2018, Kiai Nahduddin Royandi Abbas dikabarkan meninggal dunia di Barnet Community Hospital, Inggris, Rabu, 25 April 2018, waktu setempat.

Mbah Din meninggal di usia ke-84. Beliau mengembuskan napas terakhir setelah dua pekan menjalani perawatan intensif.

125 Ribu Orang Tinggalkan Jakarta pada Libur Long Weekend, KAI Tambah Armada Kereta Api

Mbah Din merupakan sesepuh Ponpes Buntet menggantikan kakaknya, KH Abdullah Abbas. Diketahui KH Abdullah Abbas merupakan satu dari lima ulama kharismatik di Jawa Barat.

Mbah Din mulai mengasuh Ponpes Buntet pada 2007. Semasa hidupnya, ulama ini dikenal sebagai sesepuh nan teduh. Beliau sudah bermukim di Inggris sejak tahun 1959.

Daftar Lengkap Harga Motor Matic Yamaha per Mei 2024, Berapa Nmax dan Aerox?

Karena hidup di negeri orang, tak banyak yang mengenal siapa sesungguhnya Mbah Din. Sebagian besar hanya mengenalnya sebagai pensiunan lokal staf di KBRI.

Padahal Mbah Din ini murid langsung ulama nusantara di Masjidil Haram yang sangat terkenal, Syekh Yasin Alfadani dan Syekh Hamid Albanjari. Sejak usia 18 tahun Mbah Din sudah belajar kepada kedua gurunya tersebut di Kota Mekkah Al-Mukarramah.

Jenazah almarhum Mbah Din rencananya akan dibawa ke Indonesia, untuk dimakamkan di Cirebon.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya