Letusan Kecil Terjadi di Gunung Merapi

Letusan Gunung Merapi
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho

VIVA - Letusan freatik kecil atau hembusan selama 19 menit dengan ketinggian asap 700 meter terjadi di Gunung Merapi pada Senin, 21 Mei 2018, pukul 01.25 WIB. Situasi tersebut terlihat dari Pos Babadan.

Gunung Merapi Muntahkan Awan Panas, Pesan Mbah Maridjan Langsung Viral

Hal itu berdasarkan data dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Badan Geologi, PVMBG Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) dengan petugas pemantau bernama Sunarta.

Hujan abu tipis terjadi di Kemiren dan Kaliurang Srumbung. Tapi masih di sekitar puncak Gunung Merapi agak jauh dari permukiman. Saat ini, status Gunung Merapi dilaporkan normal (level I).

Momen Haru 2 Korban Erupsi Merapi Siska dan Frengki Diwisuda, Diwakili Orang Tua

Meski demikian, masyarakat diminta untuk tidak panik dan beraktifitasya seperti biasa serta mengantisipasi hujan abu di sekitar Merapi.

Selain itu, kegiatan pendakian Gunung Merapi direkomendasikan hanya sampai di Pasarbubar kecuali untuk kepentingan penyelidikan dan penelitian berkaitan dengan upaya mitigasi bencana. Kondisi morfologi puncak Gunung Merapi saat ini rawan terjadi longsor sehingga sangat berbahaya bagi keselamatan pendaki.

Jelang Sore Tadi, Gunung Merapi Sudah 7 Kali Muntahkan Awan Panas Guguran

Kemudian, saat ini hujan masih terjadi di seputar Gunung Merapi untuk itu masyarakat juga perlu menjaga kewaspadaan terhadap ancaman bahaya lahar.

Erupsi Gunung Merapi.

Erupsi Gunung Merapi, Wilayah Boyolali Diguyur Hujan Abu

Erupsi Gunung Merapi tidak mengganggu aktivitas warga masyarakat yang tinggal di lereng gunung tersebut.

img_title
VIVA.co.id
21 Januari 2024