LRT Palembang Baru Siap Satu Bulan Jelang Asean Games

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat serah-terima dua unit trainset LRT di Pelabuhan Boom Baru Palembang, Sumatra Selatan, pada Jumat, 20 April 2018.
Sumber :
  • VIVA/Sadam Maulana

VIVA – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyatakan Light Rail Transit atau LRT di kota Palembang telah siap mendukung pelaksanaan Asian Games 2018. LRT ini akan beroperasi sekitar 3 minggu atau maksimal 4 minggu sebelum pelaksanaan Asian Games 2018.

Kemenhub Perkenalkan Buy The Service yang Dicoba untuk LRT Palembang

"LRT di kota Palembang ini akan kami siapkan dalam waktu akhir-akhir ini dan mulai beroperasi 3-4 minggu sebelum Asian Games berlangsung," kata Budi, Minggu, 27 Mei 2018.

Dia melanjutkan, saat ini sedang dilakukan tes dinamis, dan menurut laporan yang diterimanya, LRT sudah bisa dipacu dengan kecepatan 35 km/ jam.

LRT Jabodebek Dinilai Tidak Sesuai dengan Kebutuhan Masyarakat

Menurutnya, LRT Palembang tidak hanya ditujukan untuk penyelenggaraan Asian Games. Namun setelah perhelatan Asian Games tersebut, LRT akan digunakan sebagai angkutan massal oleh warga Palembang

"Setelah perhelatan Asian Games akan digunakan untuk angkutan massal masyarakat Palembang," katanya.

Lampu PJU LRT Palembang Kembali Menyala

Mantan Direktur PT Angkasa Pura II itu menambahkan, saat ini konstruksi LRT Palembang sudah selesai dan dalam waktu dekat akan datang lagi 6 rangkaian kereta untuk melengkapi seluruh rangkaian.

"Konstruksi sudah selesai semua termasuk rel, sekarang sedang dilakukan pengujian dengan kereta yang riil. Untuk 6 rangkaian kereta lagi akan datang dalam waktu 2-3 minggu ini untuk melengkapi 2 rangkaian kereta yang sudah tiba," kata Budi.

Budi berharap LRT dapat menjadi gaya hidup baru bagi masyarakat kota Palembang. Menurut Budi, LRT adalah suatu investasi transportasi yang luar biasa yang juga merupakan angkutan massal.

"Untuk itu saya harap LRT dapat menjadi gaya hidup baru bagi masyarakat dalam bertransportasi," ujar Budi.

Kementerian Perhubungan akan terus menyosialisasikan LRT pada seluruh elemen agar masyarakat dapat memahami seluruh manfaat dari LRT.

"Kita membuat LRT menjadi kebanggaan baru bagi Sumatra Selatan, khususnya kota Palembang," kata Budi. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya