Polisi Dalami Video Syur Mirip Aryo Djojohadikusumo

Karopenmas Divisi Humas Mabes Polri Brigjen M. Iqbal
Sumber :
  • VIVA / Zahrul Darmawan (Depok)

VIVA –  Polri menyatakan akan mengecek soal video syur dengan pemeran pria yang disebut-sebut mirip anggota DPR RI Fraksi Gerindra, Aryo Djojohadikusumo. Polisi akan mendalami unsur pidana dalam hal itu.

Gerindra Minta Maaf karena Usung Ahok di Pilkada 2012

"Yang pertama kita mengurai dulu apa sebenarnya yang terjadi. Ketika kita yakin ada perbuatan melawan hukum, kita cek dulu perbuatan melawan hukumnya, apakah dapat dilakukan upaya persuasif, tindakan yang di luar hukum dalam kategori bisa keadilan dapat terwujud tapi hukum tidak perlu dilakukan," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigadir Jenderal Polisi Mohammad Iqbal di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin 28 Mei 2018.

Iqbal memastikan Polri akan melakukan upaya persuasif terlebih dahulu terhadap semua kasus yang terjadi melalui media sosial. Setelah itu, baru masuk proses penyidikan.

Kemenkominfo Bakal Terbitkan Mudikpedia

"Bila terdapat bukti-bukti yang cukup melakukan perbuatan pidana, kita lakukan proses penyidikan," ujarnya.

Upaya persuasif itu seperti mengecek siapa yang mengunggah terlebih dahulu video tersebut dan apa motifnya. Jika alasan memposting karena iseng atau tidak tahu, Polri akan menasehati pihak yang mengunggah video itu.

9 Petani Sawit yang Halangi Proyek Bandara IKN Wajib Lapor, Polisi: Proses Hukum Tetap Jalan

"Tapi kalau misalnya kita sudah tahu background-nya, profilingnya, dan beberapa kali sudah mem-posting dengan motif atau niat tertentu, kita lakukan proses penegakan hukum," katanya.

Keluarga besar Ketua Umum DPP Gerindra Prabowo Subianto

Sara Djojohadikusumo: Kami Masih Berduka dan Fokus Keluarga

Keluarga Prabowo Subianto masih berduka atas kematian Didier Lemaistre

img_title
VIVA.co.id
30 Mei 2018