Emil Dardak Mulai Bicara 'Kemenangan Signifikan'

Calon wakil gubernur Jawa Timur, Emil Dardak, di Surabaya pada Senin, 26 Maret 2018.
Sumber :
  • VIVA/Nur Faishal

VIVA – Calon wakil gubernur Jawa Timur, Emil Listianto Dardak merespons diplomatis atas sejumlah hasil survei yang mengunggulkan dia dan pasangannya, Khofifah Indar Parawansa. Dia hanya mengaku bersyukur atas hasil survei itu, tetapi tak mau terlena karenanya.

Risma Populer di Jatim tetapi Elektabilitas Khofifah Tinggi, Menurut Pakar Komunikasi Politik

"Kita tidak mau terlena hanya karena hasil survei, kemudian merasa sudah menang. Kita kayaknya harus genjot kerja keras terus, karena hasil akhir, tentunya ditentukan dengan ikhtiar dan doa," kata Emil, saat di Malang pada Rabu 30 Mei 2018.

Sekurang-kurangnya dua lembaga survei yang mengunggulkan tingkat keterpilihan atau elektabilitas Khofifah Indar Parawansa-Emil Listianto Dardak daripada rival mereka Saifullah Yusuf (Gus Ipul)-Puti Guntur Soekarno.

Khofifah: Alumni UNAIR Harus Tingkatkan Kualitas SDM untuk Bangun Indonesia

Lembaga Surabaya Survei Center (SSC), misalnya, menyebut elektabilitas Khofifah-Emil unggul 1,9 persen atas pasangan Gus Ipul-Puti. Dengan angka elektabilitas sebesar 41,1 persen untuk Khofifah -Emil dan sebesar 39,2 persen untuk Gus Ipul-Puti.

Lembaga lain, yaitu Poltracking Indonesia, juga menyatakan elektabilitas Khofifah-Emil lebih unggul dari Gus Ipul-Puti. Tingkat keterpilihan Khofifah-Emil mencapai angka 42,4 persen, sedangkan Gus Ipul-Puti 35,8 persen. Responden yang belum menentukan pilihan atau tidak menjawab sebanyak 21,8 persen.

Gus Ipul Sarankan PKB Sowan ke Rais Aam dan Ketum PBNU: Minta Nasihat Gitu

Emil mengklaim bahwa tim pemenangannya masih terus bekerja dan mengonsolidasikan seluruh kekuatan untuk menggalang lebih banyak dukungan. Di Malang, contohnya, Emil bertemu dengan tokoh Golkar setempat, Ridwan Hisjam, kemarin. 

"Kita juga membahas soal Malang Raya (Kabupaten Malang, Kota Malang, dan Kota Batu) bagaimana kita bersinergi, agar kita meraih suara terbanyak di sini," ujarnya.

Sebelum ke Malang, Emil berkordinasi dengan para relawan di wilayah Pasuruan untuk menguatkan dukungan secara teritorial. Sebab, tidak banyak waktu lagi karena hari pemungutan suara tinggal empat pekan lagi.

"Target perolehan di Malang Raya kita ingin signifikanlah, karena kami melihat dukungan dari berbagai elemen, baik dari pemuda, atau millenial, perempuan dan para kiai di wilayah Malang Raya ini sangat menggembirakan. Dan, itu menjadi semangat bagi kami untuk menargetkan kemenangan signifikan," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya