Gus Ipul Sarankan PKB Sowan ke Rais Aam dan Ketum PBNU: Minta Nasihat Gitu

Sekjen PBNU Saifullah Yusuf (Gus Ipul)
Sumber :
  • ANTARA Foto/Zabur Karuru

Jakarta – Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Saifullah Yusuf alias Gus Ipul menyarankan sebaiknya elite Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) sowan menemui pimpinan Nahdlatul Ulama atau NU. Sebab, PKB merupakan partai yang didirikan NU.

Daftar Pemutihan Pajak Kendaraan Bermotor Mei 2024

"Tapi, yang penting lagi bahwa sering dikatakan juga oleh teman-teman PKB bahwa mereka menyadari betul bahwa partai ini didirikan NU," kata Gus Ipul di Kantor PBNU, Jakarta Pusat, Kamis 18 April 2024.

Gus Ipul menyampaikan pengurus PKB sama sekali belum pernah menjalin komunikasi dengan PBNU. Maka itu, dia menyarankan agar PKB sowan menemui Rais Aam dan Ketua Umum PBNU Yahya Cholil Staquf.

Kans Anies Maju Lagi di Pilgub Jakarta 2024, Cak Imin: Dia Selalu Bilang Jeda Dulu

"Saya minta PKB, minta nasihat gitu, minta nasihat. Itu aja yang paling penting, tapi kan sampe sekarang belum pernah ada komunikasi. Ingin mereka meminta nasihat kepada Rais dan Ketua Umum," lanjut Gus Ipul.

Cak Imin bersama elite PKB menemui Presiden Jokowi di Istana Negara.

Photo :
  • Istimewa
Sekjen Nasdem Ungkap Alasan Surya Paloh Tak Hadir di Acara Pembubaran Timnas Amin

Dia pun mengingatkan agar PKB tak lupa dengan perjuangan dari kaum Nahdliyin. "Teman-teman PKB harus menyadari yang paling penting itu adalah kesetiaan dan perjuangan NU. Itu yang paling penting," ujar Gus Ipul.

Lebih lanjut, dia menambahkan pengurus PKB yang dipimpin Muhaimin Iskandar alias Cak Imin itu belum melakukan sowan dengan NU sejak masa sebelum hingga pasca Pemilu Presiden (Pilpres) 2024. "Belum pernah, sejak sebelum pilpres belum ada," tukasnya.

Sebelumnya, Gus Ipul minta PKB agar segera berikan ucapan selamat kepada pasangan pemenang Pilpres 2024 yaitu Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Dia menyarankan agar PKB segera menerima hasil apapun dalam kontestasi Pilpres 2024.

"Sebelum-sebelumnya, dia udah berulang-ulang ikut pilpres dan selalu menyatakan ya menerima yang menang. Dan, ini segera aja menerima yang menang bahwa ada proses dan lain sebagainya itu ya soal lain," tutur Gus Ipul di Kantor PBNU, Jakarta Pusat, Kamis 18 April 2024.

Gus Ipul mencontohkan sikap Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh yang sudah menyampaikan selamat untuk duet Prabowo-Gibran. Ia menilai Surya Paloh sebagai figur negarawan yang baik.

"Ucapan itu penting seperti Pak Surya Paloh gitu kan. Itu negarawan. Itu hal yang baik," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya