Ada Aksi May Day di Jakarta, Hindari Lokasi Ini Kalau Tidak Mau Kena Macet

Demo buruh
Sumber :
  • VIVA/Rahmat Fatahillah Ilham

Jakarta - Masyarakat diminta agar menghindari beberapa lokasi di Jakarta hari ini karena ada aksi May Day. Hal itu diungkap Kapolres Metro Jakarta Pusat, Komisaris Polisi Susatyo Purnomo Condro.

Pengamanan Delegasi WWF Ke-10, Polisi Bagikan Brosur Rekayasa Lalu Lintas di Bali

"Untuk masyarakat yang akan melintas di sekitar Monas (Monumen Nasional) agar mempertimbangkan mencari jalan alternatif untuk menghindari kemacetan dikarenakan akan ada buruh dan elemen masyarakat yang akan menyampaikan pendapatnya di Patung Kuda maupun di GBK," kata dia, Rabu, 1 Mei 2024.

Demo buruh di Kawasan Patung Kuda Jakarta (Foto ilustrasi)

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
Begini Ketatnya Pengamanan World Water Forum di Bali

Adapun buruh bakal melakukan aksi sejak pagi hingga sore hari pada hari ini. Dimana, rencananya kegiatan tersebut dilakukan sejak pukul 08.00 hingga pukul 18.00 WIB. Susatyo menambhkan, dalam rangka pengamanan, Polri bersama TNI, Satpol PP, Damkar serta Dishub siap melakukan pengamanan dan memperlancar jalannya aksi kegiatan penyampaian pendapat tersebut.

"Hari ini kami siap mengamankan buruh dan elemen masyarakat yang akan menyampaikan pendapat dan kami menerjunkan 3.412 personel gabungan TNI, Polri yang dibantu Pol PP, Damkar serta Dishub yang nantinya akan di bagi di beberapa titik pengamanan di sekitaran Monas dan GBK," katanya.

BSSN Kirim Satgas Pengamanan WWF ke-10 di Bali

Sebelumnya diberitakan, dua konfederasi buruh terbesar di Tanah Air akan merayakan peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day pada Rabu, 1 Mei 2023. Dua organisasi itu Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) pimpinan Andi Gani Nena Wea dan Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) pimpinan Said Iqbal.

Ilustrasi buruh saat aksi demo tolak RUU Omnibus Law Cipta Kerja

Photo :
  • ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

Dijelaskan bahwa ribuan buruh disebut akan turun ke jalan mengikuti peringatan May Day secara tertib dan damai. Aksi massa diperkirakan akan diikuti oleh 48,3 ribu buruh, atau nyaris 50 ribu. 

"Total ada 48.300 massa buruh akan aksi besar-besaran turun ke jalan. Kita akan jaga betul-betul keamanan dan ketertiban selama peringatan May Day berlangsung," kata Presiden KSPSI Andi Gani dalam konferensi pers May Day 2024 di Jakarta dikutip Selasa, 30 April 2024.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya