Satpol PP Bakal Tongkrongin RTH di Jakbar Usai Heboh Kondom Berserakan

Satpol PP dan PPSU Jakarta Barat membersihkan RTH di Jalan Tubagus Angke
Sumber :
  • Dok Pemkot Jakarta Barat

Jakarta Satpol PP Jakarta Barat bakal melakukan pengawasan ketat di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Jalan Tubagus Angke, Jakarta Barat, menyusul banyaknya temuan kondom bekas yang berserakan di lokasi tersebut. Sebanyak 200 petugas gabungan pun dikerahkan melakukan pembersihan 

Penilaian 236 Lahan Warga Dimulai, Santunan Tanah UIII Segera Cair

Untuk mengantisipasi banyaknya terjadi aksi prostitusi secara terselubung, Camat Grogol Petamburan Agus Sulaeman mengatakan petugas Satpol PP akan berpatroli malam rutin di area RTH.

"Usai dibersihkan, area terbuka hijau ini dijaga anggota Satpol PP Kota Jakarta Barat dan kecamatan mulai malam ini. Mereka melakukan patroli setiap hari mulai dari pukul 20.00 sampai situasi kondusif," ujar Agus Sulaeman dalam keterangannya, Selasa 30 April 2024. 

Heboh Spanduk Sekda Depok Dicopot Satpol PP, PDIP: Ini Ada Apa?

Dalam kasusnya banyaknya temuan kondom bekas yang berserakan di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Jalan Tubagus Angke, Jakarta Barat, 200 petugas gabungan pun dikerahkan melakukan pembersihan

Photo :
  • VIVA.co.id/Andrew Tito

Agus Sulaeman menjelaskan aksi bersih-bersih pada area terbuka hijau tersebut dilakukan berdasarkan banyaknya laporan masyarakat mengenai banyaknya sampah bekas alat kontrasepsi di kawasan tersebut. 

Dishub DKI Belum Terapkan Sidang di Tempat terhadap Jukir Liar Selama Sebulan ke Depan

Pihak Kecamatan Grogol Petamburan pun melakuka. bersih-bersih sejauh kurang lebih 2 kilometer pada RTH tersebut yang melintasi dua wilayah kelurahan, yaitu Kelurahan Wijaya Kusuma dan Jelambar.

Agus mengatakan para petugas yang terlibat, melakukan bersih-bersih sesuai tugas dan fungsinya. 

Sudis Pertamanan dan Hutan Kota, misalnya, memangkas dahan pohon. Kemudian petugas Sudis Bina Marga melakukan penggantian lampu PJU yang mati.

"Semua bergerak, pertamanan melakukan penopingan (pemangkasan) pohon, termasuk pohon yang menutupi lampu PJU. Sehingga cahaya lampu tidak terhalang. Sudis Bina Marga menggantikan lampu PJU yang mati. Sementara PPSU bersama Sudis LH dan UPK Badan Air membersihkan sampahnya," ujarnya.

Selanjutnya seluruh sampah dikumpulkan dan khusus sampah limbah bekas alat kontrasepsi dan tisu dipisahkan, untuk selanjutnya diangkut masing-masing armada dari Sudis LH dan Sudis Pertamanan dan Hutan Kota.

Pihak Kecamatan Grogol Petamburan juga berencana membuat area ruang terbuka hijau itu dibuatkan fasilitas jogging track untuk sarana olahraga masyarakat dan diberi pagar. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya