Temuan Survei LSI: Mayoritas Responden Percaya Keputusan KPU soal Hasil Pemilu 2024

Petugas Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) memeriksa kelengkapan logistik Pemilu sebelum didistribusikan ke kelurahan di gudang logistik KPU Jakarta Pusat (Foto ilustrasi).
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

Jakarta - Lembaga Survei Indonesia (LSI) merilis temuan terbarunya terkait dinamika Pemilu 2024. Salah satu temuan survei LSI menyangkut keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) soal hasil Pemilu 2024.

KPU Penuhi Hanya Dua dari Enam Permohonan ICW terkait Transparansi Sirekap

Dari temuan LSI, keputusan KPU dapat kepercayaan sebagian besar dari responden di survei. Jumlah masyarakat yang mempercayai keputusan KPU terkait hasil Pemilu 2024 mencapai 78,8 persen.

“Dari yang mengetahui keputusan KPU terkait hasil Pemilu 2024, sebanyak 78,8 persennya pecaya dengan keputusan tersebut,” kata Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan saat paparan survei bertema ‘Sikap Publik Terhadap Putusan KPU, Persidangan MK, dan Isu Nasional’ secara virtual, Kamis, 18 April 2024.

Tak Sudi Dicoret KPU, Irman Gusman Ajukan Sengketa ke MK Minta Pileg DPD di Sumbar Diulang

Menurut Djayadi, dari 1.213 responden yang diwawancarai dalam survei, sebanyak 50,7 persen menyatakan tahu dengan keputusan KPU terkait hasil Pemilu 2024.

“Lebih dari separuh, 50,7 persen, tahu atau pernah dengar tentang keputusan KPU terkait hasil pemilu 2024. Mayoritas percaya dengan keputusan KPU terkait hasil Pemilu 2024,” ungkap Djayadi.

KPU Gandeng 8 Kantor Hukum Hadapi 297 Perkara Sengketa Pileg 2024

Pemungutan suara atau pencoblosan di pemilu. (Foto ilustrasi).

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Sementara, dalam temuan LSI, mayoritas publik juga menyatakan puas dengan penyelenggaraan Pemilu 2024. “Sebanyak 71,2 persen publik menyatakan puas dengan penyelenggaraan Pemilu 2024,” jelas Djayadi.

Djayadi menjelaskan, dari 71,2 persen, sebanyak 50,5 persen di antaranya menyatakan cukup puas dengan penyelenggaraan Pemilu 2024. Selain itu, ada juga 20,7 persen yang mengatakan sangat puas.

Dia menuturkan pada hari pemungutan suara pemilu yaitu 14 Februari 2024 tingkat kepuasan terhadap penyelenggaraan pemilu mencapai 94 persen.

"Kemudian ketika survei pasca pemilu yaitu menjelang akhir Februari 2024, LSI menemukan tingkat kepuasan turun menjadi 84 persen. Sebulan kemudian tingkat kepuasan terhadap penyelenggaraan pemilu turun menjadi 71,2 persen," ujar Djayadi.

Survei terbaru LSI dilakukan periode 7-9 April 2024. Sebanyak 1.213 responden dilibatkan dalam survei LSI.

Responden dalam survei merupakan warga negara yang berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah. Adapun pemilihan sampel dilakukan dengan metode random digit dialing (RDD) yakni teknik memilih sampel melalui proses pembangkitan nomor telepon secara acak.

Margin of error dalam survei LSI diperkirakan +- 2,9% dengan tingkat kepercayaan 95%. Survei dilakukan dengan teknik wawancara terhadap responden lewat telepon.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya