Menhub Siapkan Armada Khusus Pemudik Jika Merapi Erupsi

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Fajar Ginanjar Mukti

VIVA – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi sudah menetapkan solusi bagi pemudik di Yogyarkarta dan Jawa Tengah jika Merapi kembali erupsi. Pemudik akan diminta untuk menggunakan bus, dan tidak memaksakan diri menggunakan pesawat terbang.

Menhub Ikut Lepas Ekspor 262 Gerbong Barang ke Selandia Baru

Pernyataan tersebut disampaikan Menhub saat melakukan pengecekan kesiapan mudik di Pelabuhan Merak, kota Cilegon, Banten, pada Sabtu, 2 Juni 2018. Pemerintah, menurut Menhub, jika Merapi kembali erupsi di saat arus mudik setidaknya menyiapkan 50 bus dari Jakarta. Bus-bus ini akan digunakan untuk mengantar pemudik ke berbagai daerah di Pulau Jawa.

Sedangkan bus yang berasal dari Jawa Tengah dan Jawa Timur yang kosong, akan diminta mangkal di bandara, untuk mengangkut penumpang pesawat, ke daerah tujuan penumpang.

Jelang Diresmikan Jokowi, Menhub Cek Kondisi Bandara Tebelian

"Jumlahnya (dari) Jakarta paling tidak 50 bus. Bus mudik ini pulangnya kosong, tinggal kita koordinasikan, mereka mangkal di bandara, kita gunakan," kata Budi Karya Sumadi.

Karenanya, jika kondisi itu terjadi, ia meminta masyarakat tidak datang ke bandara dan memaksa membeli tiket penerbangan. "saya berpengalaman menghandle penumpang menuju Surabaya dua tahun lalu, akan kita gunakan bus yang kita siapkan," ujarnya memastikan.

Penampakan Garasi Jenderal Andika hingga Perkiraan Wisatawan Nataru

Selain berbicara soal kemungkinan terjadinya erupsi Merapi saat mudik, Menhub juga memastikan adanya solusi cepat jika terjadi penumpukan penumpang di Pelabuhan Merak. Ia mengatakan, kendaraan pemudik akan difokuskan melalui Dermaga VI. Tapi jika dermaga tersebut sudah penuh, maka akan dialirkan melalui dermaga lainnya.

"Polri sendiri akan membantu untuk disalurkan ke gate yang lain. Yang kedua, kita ingin sekali bagaimana operasi (ramainya pemudik) itu jangan malam saja, tapi siang juga," ujarnya.

Menhub Budi Karya Sumadi saat mengunjungi calon bandara penunjang IKN.

Menhub Tinjau Lokasi Calon Bandara Penunjang Ibu Kota Baru

Menhub menjelaskan telah melakukan penelitian atau studi penentuan lokasi calon bandara baru yang lokasinya sangat strategis yaitu berada di antara kawasan IKN.

img_title
VIVA.co.id
22 Februari 2022