Hati-hati Bercanda soal Bom, Menhub Janji Tindak Tegas

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi ketika melakukan ramp check pesawat.
Sumber :

VIVA – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menegaskan akan memberikan efek jera bagi pengguna jasa penerbangan yang melakukan lelucon sensitif tentang bom. Pernyataan itu disampaikan Menhub menanggapi aksi lelucon penumpang soal bom.

Satgas Kalteng Temukan Dua Penumpang Pesawat Diduga Positif COVID-19

Aksi terakhir dilakukan oleh salah seorang penumpang asal Indonesia yang menggunakan maskapai Garuda Indonesia kelas bisnis pada Sabtu, 2 Juni 2018.

"Dengan polisi bersama stakeholder juga harus konsisten akan melakukan penegakan hukum. Kita akan berikan masyarakat efek jera supaya jangan melakukan tindakan yang tidak bagus. Efek jeranya dengan penindaklanjutan kasus bukan hanya sanksi administrasi tapi bisa penerbangan lanjutannya," katanya di Tangerang, Minggu, 3 Juni 2018.

5 Fakta Wanita Jalani Karantina di Pesawat Karena Positif COVID-19

Aksi canda soal bom terakhir dilakukan penumpang perempuan dengan tujuan keberangkatan menuju Singapura. Ia mengucapkan hal tersebut saat  meminta tolong petugas untuk membantu meletakkan hand carry-nya ke headrack. Penumpang tersebut mengatakan kepada kru kabin, "Pelan-pelan ya mbak naruhnya, soalnya saya bawa bom."

Atas ucapan itu, penumpang dibatalkan penerbangannya. Direktur Operasi PT Garuda Indonesia, Triyanto Moeharsono, mengatakan penumpang tersebut kini dalam pemeriksaan kepolisian.

Dirut: Anjloknya Kinerja Garuda Indonesia Dipengaruhi PPKM

"Kami akan tunggu hasil pemeriksaan untuk nantinya ditindaklanjuti. Kami pun meminta agar penumpang tidak melakukan lelucon sensitif dalam penerbangan karena dapat membahayakan," ujarnya.

Bandara Soekarno-Hatta

Penumpang Domestik di Bandara Soetta Masih Wajib Antigen

Padahal, Menko Luhut sudah menyampaikan bahwa pelaku perjalanan domestik tak perlu antigen atau PCR negatif untuk perjalanan udara, darat dan laut

img_title
VIVA.co.id
8 Maret 2022