Menhub Budi Sebut Mudik Lebaran 2018 Spesial

Buka Puasa Amsi dengan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.
Sumber :

VIVA – Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, mengungkapkan, mudik Lebaran 2018 ini terasa spesial. Sebab, banyak hasil dari pembangunan infrastruktur yang dilakukan pemerintah sudah mulai bisa dirasakan pemudik. 

Menhub Tinjau Lokasi Calon Bandara Penunjang Ibu Kota Baru

Hal tersebut disampaikan Budi saat mengawali dialog dalam acara buka bersama Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI), Senin malam, 4 Juni 2018. Presiden Joko Widodo pun berpesan agar mudik kali bisa membuat masyarakat bahagia, guyub, dan rukun.

“Kami harus menerjemahkan sesuai ekspektasi Presiden dan masyarakat Indonesia, dengan mengoptimalkan infrastruktur secara excellent," ujar BKS, panggilan akrab Budi Karya, di Jakarta, Senin 4 Juni 2018.

Menhub Ikut Lepas Ekspor 262 Gerbong Barang ke Selandia Baru

Untuk memastikan hal tersebut terwujud, hari ini Budi dan pihak terkait mengecek jalur Pantura, mulai dari Tegal sampai dengan Semarang, sekaligus meresmikan Bandara A Yani Semarang yang baru selesai, Selasa siang ini, 5 Juni 2018. Operasi Bandara Semarang dijadwalkan Rabu 6 Juni 2018.

Seperti halnya sebuah orkestrasi, Kemenhub akan bekerja sama dengan pihak-pihak lain, yakni Polri, Kementerian Kesehatan, dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk memastikan kelancaran kegiatan mudik. 

Jelang Diresmikan Jokowi, Menhub Cek Kondisi Bandara Tebelian

“Saya kan sama-sama sedaerah dengan Pak Jenderal Tito (Kapolri Jenderal Tito Karnavian), sesama Palembang, ya kami aktif berkoordinasi, kami samperin Kepolisian sebagai partner,” tuturnya.

Sorot Mobil Mudik - Kendaraan pemudik melintas di Jalur Pantura, Tegal, Jawa Ten

Menurutnya, Kemenhub banyak memanfaatkan hasil riset dalam menghadapi mudik tahun ini. Termasuk, riset-riset lembaga independen termasuk riset Kompas mengenai arus mudik, yang ditaksir puncaknya adalah H-2 dan H-3. 

Maka pada tanggal tersebut pun dilakukan pelarangan kendaraan truk besar untuk beroperasi. Namun, dalam perkembangan, karena adanya perubahan cuti bersama, data riset bergeser bahwa kepadatan justru maju pada akhir pekan ini, tanggal 8 dan 9 Juni akan mengalami kepadatan. 

“Keputusan tetap, tapi pada 8-9 Juni kami imbau untuk tidak beroperasi, dan arus baliknya pada 19-20 Juni. Sifatnya imbauan," tambahnya. 

Saat ini, Pantura dan kondisi jalan yang bagus, bisa mengundang orang melaju kencang dan meningkatkan kecelakaan. Karena itu, dia mengimbau untuk tidak mudik dengan menggunakan motor. 

“Kami tak menganjurkan mudik pakai sepeda motor,” katanya. 

Untuk itu, solusinya, dia memberikan mudik gratis dengan membawa sepeda motor naik kapal laut jurusan Jakarta-Jateng-Jatim. 

“Gratis, ada undian, yang beruntung dapat sepeda motor,” ucapnya. 

Kemenhub menyediakan untuk 15 ribu penumpang dan 7.000 sepeda motor diangkut mudik gratis. Perhatian tinggi pada pemudik motor karena total angka kecelakaan tahun lalu paling tinggi hingga 76 persen.

Untuk kendaraan berat yang mengangkut kebutuhan pokok, juga disediakan Kapal Roro.

Menurut BKS, dari berbagai moda, mudik udara tumbuh paling tinggi hingga 90 persen. Paling tinggi untuk wilayah timur sampai 15 persen.

Sebagai mantan direktur utama PT Angkasa Pura II, BKS paham benar bahwa moda udara itu kritisnya banyak, mulai dari bagasi sampai kecoak, dan lain-lain. 

Kalau lengah bisa viral. Beda dengan moda laut yang banyak barang, tak banyak komplain. Sementara itu, terkait dengan ancaman pilot Garuda Indonesia yang akan mogok, Budi meyakinkan tidak terjadi. 

“Mereka (pilot) kan orang-orang pintar, masak masalah begini merugikan rakyat, sudah ada dialog,” ujarnya.

Mengenai moda kereta api (KA), tumbuhnya jumlah penumpang cuma 5 persen tahun ini. Sementara itu, mengenai bus dicoba dengan reservasi online. 

Namun, kendalanya, bus banyak juga yang memiliki terminal sendiri dan halte-halte bayangan. Masih ada lagi, permasalahan calo, belum lagi soal sopir tembak.

Selain bus jarak jauh, juga bus komuter dan jarak menengah, Kemenhub memperhatikan betul moda angkutan darat umum ini dengan kondisi kesehatan kendaraan terutama soal rem. 

Menurutnya, setelah melakukan analisis dan evaluasi, Kemenhub akan memperhatikan empat titik kritis yang utama, meski tak mengurangi perhatian yang lainnya. Keempat perhatian utama adalah titik tol Cipali-Cikampek, titik sekitar Garut (Nagrek), penyeberangan Merak-Bakauheni, dan kawasan wisata.  

Diakui bahwa perhatian utama masih di Jawa, sedangkan untuk luar Jawa yang mendapat pantauan adalah Madura, Banjarmasin, Balikpapan, dan Makassar.

Dari data Kemenhub diperkirakan pemudik sekitar 5 juta orang, pada 2017 sekitar 4,4 juta pemudik. Pemudik mobil 16 persen kenaikannya per tahun, sepeda motor 30 persen per tahun. 

Dia berharap kecelakaan bisa ditekan, dengan melakukan operasi kelaikan kendaraan umum yang digencarkan. Saat ini, katanya, sudah 50 persen operasi dilakukan untuk kesehatan kendaraan. 

“Ya, kami harapkan mudik 2018 lancar, mudik bahagia, guyub, rukun,” tambahnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya